Senin 08 May 2017 18:13 WIB

Luhut Sebut IAPH 2017 Harus Jadi Peluang Bisnis

Red: Mansyur Faqih
Luhut B Panjaitan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Luhut B Panjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Maritim Luhut Binsar Panjaitan melihat ada peluang investasi dan keuntungan dari penyelenggaraan konferensi pelabuhan se-dunia yang digelar di Nusa Dua Bali, pekan depan. "(Konferensi IAPH) Bisa saja mendatangkan investasi," ujar Luhut, Senin (8/5). 

Dia menambahkan, delegasi Indonesia harus memanfaatkan acara ini untuk men-update isu terkini seputar kepelabuhanan, membangun jaringan, dan menggali potensi bisnis dari para peserta negara lain. "Sekarang Presiden Jokowi mendorong sudah lebih (investasi dari) swasta, bukan hanya BUMN, jadi ada untungnya konferensi itu dilaksanakan di Indonesia," tambah dia.

Salah satu yang akan menjadi showcase dalam acara The 30th IAPH World Conference tahun ini adalah New Priok Terminal. Nantinya peserta akan diajak mengunjungi New Priok Terminal Project di Jakarta sebelum mengikuti konferensi di Bali.

"Pelabuhan kita sudah memiliki fasilitas yang baik. Itu semua dapat disampaikan kepada para peserta konferensi IAPH di Bali, jangan lupa bisnisnya juga dicari di situ," Luhut menjelaskan.