Ahad 28 May 2017 07:02 WIB

Transaksi Belanja Daring di Elevania Naik Dua Kali Lipat Saat Ramadhan

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nur Aini
 Warga memilih barang menggunakan web aplikasi belanja online di Jakarta, Rabu (25/11).
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Warga memilih barang menggunakan web aplikasi belanja online di Jakarta, Rabu (25/11).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Di bulan Ramadhan, tradisi belanja menjadi meningkat dibanding dengan bulan-bulan lainnya. Tidak hanya di toko fisik atau offline, peningkatan transaksi belanja juga terjadi secara online.

Elevenia contohnya, ecommerce yang mengusung open market place di Indonesia ini mencatat peningkatan transaksi mencapai dua kali lipat ketika memasuki bulan puasa. Angka ini terus meningkat hingga dua minggu sebelum hari Lebaran. Kemudian di minggu Lebaran, transaksi cenderung menurun hingga 50 persen dan kembali meningkat hampir tiga kali lipat setelah minggu Lebaran berlalu.

Bukan hanya itu, di bulan suci tersebut Elevenia juga mendapati bahwa waktu ngabuburit pukul 14.00 – 17.00 merupakan waktu favorit para buyer untuk berbelanja. Tercatat di antara waktu tersebut transaksi meningkat sangat signifikan. Sedangkan di luar jam tersebut, grafik transaksi belanja cenderung menurun.

“Secara konsisten kami mendapati bahwa perilaku konsumen di Ramadhan, transaksi belanja akan menurun pada minggu Lebaran karena masyarakat sudah sibuk mempersiapkan acara Lebaran itu sendiri, seperti bepergian ke kampung halaman maupun silaturahmi mengunjungi sanak saudara, " kata Bayu S. Tjahjono, GM Strategy & Communication elevenia, melalui keterangan resmi yang diterima Republika.co.id, Jumat (26/5). "Selain itu, selain waktu ngabuburit pukul 14.00 – 17.00, grafik transaksi belanja menurun bisa jadi disebabkan oleh banyaknya agenda silaturahmi berbuka puasa dengan kerabat serta beribadah tarawih," ujarnya.

Berbicara mengenai perilaku belanja konsumen pada Ramadhan, kata dia, sangat erat berkaitan dengan produk yang banyak dibeli di waktu-waktu tersebut. Elevenia mendapati bahwa produk fashion menjadi produk yang secara konsisten setiap Ramadhan mengalami kenaikan hingga seperempat dari seluruh transaksi. Produk lainnya yang mengalami kenaikan pembelian adalah produk gadget. Namun, berbeda dengan produk fashion, produk gadget justru mengalami kenaikan paling tinggi setelah melewati Lebaran.

Peningkatan belanja produk gadget biasanya terjadi di waktu yang berdekatan dengan waktu penerimaan Tunjangan Hari Raya (THR). Selain produk dari kedua kategori tersebut, salah satu produk laris lainnya selama Ramadhan adalah e-coupon untuk pulsa handphone. Tercatat selama Ramadhan, belanja pulsa handphone adalah sebesar 34 persen dan mengalami kenaikan paling tinggi di hari Lebaran, yakni mencapai 40 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement