Rabu 07 Jun 2017 22:27 WIB

BKSDA: Bangkai di Pantai Cilacap adalah Paus Biru

Ilustrasi.
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi Jawa Tengah Seksi Konservasi Wilayah II Pemalang-Cilacap memastikan bangkai yang ditemukan terdampar di Pantai Bunton, Cilacap, merupakan paus biru (Balaenoptera musculus).

"Berdasarkan hasil identifikasi yang kami lakukan, ciri-ciri bangkai tersebut mengarah ke paus biru. Panjang mamalia yang dilindungi tersebut sekitar 20 meter dan bagian kepala atau moncongnya sudah rusak karena membusuk," kata Koordinator Polisi Hutan BKSDA Jateng Seksi Konservasi II Pemalang-Cilacap Rahmat Hidayat di Cilacap, Rabu (7/6) malam.

Ia memperkirakan paus biru itu telah mati sekitar satu minggu lalu sebelum ditemukan terdampar di Pantai Bunton, Kecamatan Adipala, Cilacap, pada Selasa (6/6) pagi.

Berdasarkan hasil penyelidikan para ahli, kata dia, ada beberapa penyebab paus terdampar di pantai, antara lain karena sakit atau sekarat sehingga terbawa gelombang tinggi, perubahan udara di laut, suara atau sinyal dari kapal (sonar) dan mesin laut juga bisa mengganggu kemampuan navigasi paus sehingga salah jalan menjadi ke daratan.

Selain itu, lanjut dia, bentuk dan kedalaman sekitar pantai juga bisa menjadi penyebab terdamparnya paus sehingga kejadian tersebut sering terulang di tempat yang sama.

"Penelitian para ahli juga menyebutkan gejala alam seperti gunung meletus dan gempa bumi yang menyebabkan 'undersea quake' atau 'sea quake' dianalisis juga dapat menyebabkan makhluk laut terdampar," katanya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan bangkai paus biru itu akan segera dikubur karena telah mengeluarkan bau tidak sedap. "Rencananya malam ini dikubur karena alat berat untuk mengangkat paus biru tersebut sudah sampai di lokasi," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Cilacap Sarjono mengakui bahwa di Samudra Hindia selatan Cilacap sering dijumpai adanya paus. "Saat melaut, kami kadang kala melihat ada paus," katanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, bangkai seekor paus biru ditemukan terdampar di Pantai Widarapayung, Cilacap, pada tahun 2015. 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement