Jumat 21 Jul 2017 20:10 WIB

BPBD Salurkan Air Bersih ke Beberapa Wilayah di Jawa Barat

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Qommarria Rostanti
Ilustrasi Kemarau
Foto: Foto : MgRol_94
Ilustrasi Kemarau

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Musim kemarau yang berlangsung beberapa pekan menyebabkan persoalan air bersih di beberapa wilayah di Kabupaten Cilacap dan Banyumas, Jawa Barat. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kedua wilayah tersebut, sejak beberapa waktu lalu sudah mulai memasok air bersih.

Kepala BPBD Cilacap, Tri Komara Sidhy, mengatakan sejauh ini ada beberapa desa di dua kecamatan yang beberapa waktu lalu mengajukan permohonan pemasokan air bersih, yakni di Kecamatan Bantarsari dan Kecamatan Kawunganten. Menurut dia, desa-desa yang membutuhkan pasokan air bersih pada kemarau tahun ini tidak akan sebanyak tahun lalu.

Pasalnya, pada musim kemarau ini hujan terkadang masih turun. Selain itu kemarau juga diperkirakan tidak akan berlangsung lama. 'Berdasarkan informasi dari BMKG, musim kemarau tahun ini merupakan jenis kemarau normal. "Berbeda dengan musim kemarau panjang pada 2015 dan musim kemarau basah 2016 lalu sehingga hujan diperkirakan sudah akan turun lagi pada November 2017,'' jelasnya, Jumat (21/7).