Senin 24 Jul 2017 16:40 WIB

UMM Berangkatkan 20 Siswa Ikut Summer Camp ke Cina

Red: Dwi Murdaningsih
Tembok Besar Cina
Foto: EPA
Tembok Besar Cina

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberangkatkan 20 orang siswa SMA sederajat dari berbagai daerah untuk mengikuti program Summer Camp di Cina selama dua pekan. Summer Camp ini berlangsung 26 Juli-6 Agustus 2017.

Ke-20 siswa SMA yang diberangkatkan ke Negeri Tirai Bambu itu adalah mereka yang memenangkan kompetisi National Chinese Competion, yakni lomba pengetahuan umum Cina yang diadakan UMM bekerja sama dengan Confucius Institute.

"Mereka yang lolos (20 siswa SMA) ini setelah mampu menyisihkan 2.369 peserta dari berbagai daerah di Tanah Air yang mengikuti kompetisi. Mereka akan mengikuti program summer camp selama dua pekan di Cina," kata Koordinator China Corner UMM Karina Sari di sela pemberangkatan ke-20 siswa SMA tesrebut di kampus setempat.

Karina menerangkan selama dua pekan, 24 Juli-6 Agustus 2017, selain mengenal lebih dekat kebudayaan dan bahasa Cina, para pelajar itu juga akan diajak mengunjungi sejumlah tempat ikonik di Cina, seperti Tembok Besar Cina dan Lapangan Tiananmen. Selain itu, ke-20 peserta tersebut juga diajak mengunjungi pameran pendidikan di sejumlah perguruan tinggi yang ada di Cina.

Lomba yang diadakan Februari hingga April 2017 itu merupakan program kolaborasi antara UMM dan Konsulat Jenderal Cina melalui Confucius Institute. Kompetisi yang diadakan kali ketiga ini diselenggarakan di UMM dan merupakan bentuk kepercayaan Confusius Institute kepada UMM.

Sementara itu, Asisten Rektor Biang Kerja Sama UMM Suparto mengatakan kompetisi yang digelar di UMM ini sama dengan yang digelar Konsulat Jenderal Cina di Surabaya akhir tahun lalu. Dalam kompetisi itu, tiga mahasiswa UMM berhasil meraih juara pertama dan ketiga.

Salah seorang peserta, George Geraldo, siswa SMK Kristen Imanuel Pontianak, Kalimantan Barat mengungkapkan rasa syukurnya masuk dalam daftar pelajar yang diberangkatkan. "Sepulang dari Cina, saya ingin memotivasi teman-teman saya untuk juga bisa berangkat ke Negeri Tirai Bambu tersebut," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement