REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Penjualan Mazda di Indonesia pada kuartal kedua tahun ini naik 72 persen menjadi 2.318 unit, dibanding periode sama tahun lalu 1.347 unit, seiring makin kuatnya penetrasi model andalan Mazda2 Hatchback.
"Sampai semester pertama tahun 2011, penjualan kami melonjak 56 persen menjadi 3.997 unit," ujar Presiden Direktur PT Mazda Motor Indonesia (MMI) Yoshiya Horigome di Jakarta, Kamis.
Dia menyatakan, Mazda berhasil menorehkan rekor penjualan bulanan selama tiga kali berturut-turut. Bulan lalu, penjualan Mazda naik 21 persen menjadi 935 unit, dibanding bulan sebelumnya 935 unit.
Horigome mencatat, penjualan Mazda2 meningkat 56 persen menjadi 1.480 unit, dibanding tahun lalu 948 unit. Sementara penjualan produk andalan lainnya, truk pickup BT-50, naik tiga kali
menjadi 679 unit, dari sebelumnya 207 unit.
Di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS)ke-19, Mazda akan merilis tiga produk baru. Namun, MMI belum mau mengungkap nama-namanya.
Menurut Yoshiya, di IIMS 2011, Mazda berniat menjadi trendsetter dengan tidak menampilkan layar LED persegi panjang konvensional.
Sebagai gantinya, MMI akan mengikuti konsep booth di Geneva Motor Show, di mana layar LED yang berada di tengah panggung akan berbentuk serupa dengan identitas visual Mazda yang terkenal, The Dynamic Wing.
Untuk IIMS tahun ini Mazda mengangkat tema Feel the Absolute Zoom Zoom Experience, yang bertujuan untuk mengajak para pengunjung merasakan pengalaman yang berbeda dari yang pernah ada.
Booth Mazda akan berdiri di atas area seluas 866 m2 yang bisa mengakomodasi hingga 15 mobil Mazda. Di sana juga akan ditampilkan Zoom Zoom lounge yang akan menampilkan beberapa permainan interaktif dengan pengunjung, area mini bar, dan beberapa kejutan lain.