Rabu 10 Oct 2018 11:23 WIB

Fiat Chrysler Siapkan Versi Hibrida Jeep Renegade

Fiat Chrysler berinvestasi 10,3 miliar dolar AS untuk mobil listrik dan hibrida.

Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi - Sebuah mobil dengan logo Jeep di Detroit, Michigan, AS, 16 Januari 2018.
Foto: REUTERS/Jonathan Ernst
Ilustrasi - Sebuah mobil dengan logo Jeep di Detroit, Michigan, AS, 16 Januari 2018.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fiat Chrysler (FCA) mengatakan telah memulai persiapan untuk produksi versi hibrida plug-in dari Jeep Renegade sebagai produsen mobil dengan dorongan elektrifikasi untuk memenuhi aturan emisi ketat, Senin (8/10).

Produsen mobil terbesar ketujuh di dunia ini mengatakan pada Juni lalu, Fiat Chrysler akan menginvestasikan sembilan miliar euro (10,3 miliar dolar AS). Investasi tersebut dalam bentuk mobil listrik dan hibrida selama lima tahun ke depan untuk sepenuhnya mematuhi peraturan emisi di seluruh wilayah.

Ia juga berjanji menghentikan mesin diesel di mobil penumpang Eropa pada 2021 mendatang. "Hybrid plug-in Jeep Renegade, yang diharapkan sudah berada di pasar pada awal 2020, akan diproduksi di pabrik Melfi FCA di Italia selatan dengan versi mesin pembakaran dari model dan crossover Fiat 500X," kata FCA.

Perusahaan mengatakan akan ada lebih dari 200 juta euro dihabiskan untuk mesin baru ini. Perusahaan menambah pekerja yang akan dilatih ulang untuk teknologi baru dan pabrik juga akan dimodernisasi.

Pada 2022, FCA berencana menawarkan total 12 sistem propulsi listrik, termasuk baterai kendaraan listrik (BEV), plug-in hybrids (PHEV) dan hibrida penuh. FCA menambahkan 30 model yang berbeda akan dilengkapi dengan satu atau lebih dari sistem ini.

Fiat Chrysler merencanakan akan menambahkan 30 model yang berbeda yang akan dilengkapi dengan satu atau lebih dari sistem ini. Mantan ketua eksekutif FCA Sergio Marchionne telah lama menolak menerima elektrifikasi. Dia mengatakan hanya akan melakukannya jika menjual mobil bertenaga baterai dapat dilakukan dengan meraup keuntungan yang besar.

Dia bahkan mendesak pelanggan tidak membeli Fiat 500e milik FCA sebagai satu-satunya model bertenaga baterai karena dia banyak kehilangan uang pada setiap penjualan. Tetapi keberhasilan Tesla dan kebutuhan mematuhi aturan emisi ketat memaksa Marchionne berkomitmen pada apa yang dia sebut sebagai pengeluaran yang 'paling menyakitkan'.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَّذِيْنَ يَتَّبِعُوْنَ الرَّسُوْلَ النَّبِيَّ الْاُمِّيَّ الَّذِيْ يَجِدُوْنَهٗ مَكْتُوْبًا عِنْدَهُمْ فِى التَّوْرٰىةِ وَالْاِنْجِيْلِ يَأْمُرُهُمْ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهٰىهُمْ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُحِلُّ لَهُمُ الطَّيِّبٰتِ وَيُحَرِّمُ عَلَيْهِمُ الْخَبٰۤىِٕثَ وَيَضَعُ عَنْهُمْ اِصْرَهُمْ وَالْاَغْلٰلَ الَّتِيْ كَانَتْ عَلَيْهِمْۗ فَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا بِهٖ وَعَزَّرُوْهُ وَنَصَرُوْهُ وَاتَّبَعُوا النُّوْرَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ مَعَهٗٓ ۙاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ ࣖ
(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), mereka itulah orang-orang beruntung.

(QS. Al-A'raf ayat 157)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement