REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Skuter matik (skutik) telah menjadi idola baru bagi pengguna kendaraan roda dua di Indonesia. Data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) memperlihatkan dalam kurun waktu empat tahun, penjualan skutik telah melambung 45,64 persen atau 3.376.536 unit pada 2010.
Bahkan tahun ini, untuk pertama kalinya penjualan skutik melampaui bebek manual. Kontribusi penjualan skutik pada triwulan pertama telah mencapai 627.179 unit atau 49 persen dari pasar nasional. Jauh dibandingkan motor bebek yang hanya 547.664 unit atau 42,8 persen.
Produsen motor matik pun semakin gencar mengejar angka penjualan skutik dengan berbagai strateginya. Salah satunya dengan menggunakan varian warna sesuai dengan selera konsumen.
Hal itu menurut General Marketing Planning Analisis PT Astra Honda Motor Agustinus Indra Putra adalah salah bagian dari strategi penjualan dan menarik konsumen. “ Ini adalah strategi dan bentuk tanggung jawab kami terhadap selera konsumen,” jelasnya.