Kamis 27 Jul 2017 19:12 WIB

Begini Persepsi Indonesia di Mata Media Internasional

Red: Muhammad Fakhruddin
Pariwisata Indonesia (ilustrasi)
Foto: Antara/Jojon
Pariwisata Indonesia (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Indonesia tak pernah lepas dari sorotan media-media internasional. Berdasarkan riset Indonesia Indicator (I2) -- sebuah perusahaan di bidang intelijen media, analisis data, dan kajian strategis dengan menggunakan software AI (Artificial Intelligence) -- sepanjang  1 Januari hingga 15 Juli 2017, pemberitaan tentang Indonesia di 468 media online internasional mencapai 33.887 berita. Data ini dikumpulkan dari seluruh pemberitaan media online berbahasa Inggris dari 139 negara.

 

"Ada tiga isu yang muncul dominan dalam pembahasan tentang Indonesia di media internasional. Pertama, perekonomian dan perdagangan; kedua, industri Pariwisata; ketiga, ISIS dan terorisme," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2), Rustika Herlambang dalam siaran persnya kepada Republika.co.id, Kamis (27/7).

Tiga isu besar ini porsinya mencapai 64% dari seluruh pemberitaan mengenai Indonesia. Rata-rata pemberitaan tentang Indonesia dalam media asing per bulannya mencapai 4.841 berita.