Selasa 15 Aug 2017 15:11 WIB

Yuk, Bermain Game Sambil Belajar Berbagai Jenis Zakat

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Ratna Puspita
Permainan Edukasi Zakat Game yang diluncurkan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Senin (15/8).
Foto: Republika/Fuji Eka Permana
Permainan Edukasi Zakat Game yang diluncurkan Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Senin (15/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) baru saja meluncurkan permainan edukasi yang disebut Zakat Game. Permainan ini dibuat untuk mempermudah edukasi dan memberikan pemahaman tentang zakat kepada masyarakat. Para pemainnya akan bermain sambil belajar tentang berbagai jenis zakat.

"Tujuan utama dibuatnya Zakat Game untuk mengedukasi dan memudahkan masyarakat untuk memahami zakat," kata Ketua Dewan Pengawas Syariah IZI Oni Sahroni kepada Republika, Selasa (15/8).

Ia menerangkan, penggunaan Zakat Game hukumnya dibolehkan. Sebab, permainan edukasi ini diciptakan juga sebagai upaya untuk menegakkan ekonomi syariah. Permainan ini juga dibuat sebagai salah satu upaya mempromosikan nilai-nilai ekonomi syariah agar lebih dipahami semua kalangan masyarakat.

IZI menginformasikan, berdasarkan kajian para pakar, potensi dana yang bisa dihasilkan melalui zakat berkisar antara Rp 100 triliun sampai Rp 200 triliun. Hanya saja perlu edukasi secara berlanjut kepada masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran dalam berzakat guna memaksimalkan potensi zakat yang ada.