Kamis 24 Aug 2017 15:22 WIB

Mahasiswa Indonesia Bantu Salurkan Kurban di Kamboja

Red: Agung Sasongko
Muslim Cham di Masjid Jamiul Nia Mah
Foto: amirul hasan
Muslim Cham di Masjid Jamiul Nia Mah

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak empat mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) membantu proses pembelian hewan kurban hasil sumbangan masyarakat Indonesia yang akan disalurkan di Kampong Cham, Kamboja untuk Perayaan Idul Adha tanggal 1 September 2017.

Kays Abdul Fattah, Bagus Wahyutomo, Ghazaly Imam Negoro, dan Muhammad Majid Firman mengatakan di Bogor, Kamis (24/8), bahwa masyarakat di Kampong Cham, Kamboja sampai saat ini sangat sulit untuk dapat menikmati daging kurban karena kondisi ekonomi yang kurang. Selain itu mereka tidak memiliki fasilitas yang layak untuk belajar ilmu agama Islam.

Kays mengatakan masyarakat muslim di Tanah Air lebih beruntung dibandingkan masyarakat muslim di Kampong Cham. Di Indonesia sudah banyak lembaga sosial yang membantu umat muslim untuk mendapatkan daging kurban namun, cukup sulit untuk umat muslim di Kampong Cham, Kamboja.

"Sebagai muslim, sudah sepatutnya kita menolong tanpa mengenal batas dan wilayah, karena pada dasarnya semua muslim adalah saudara," kata Kays (21)