Kamis 24 Aug 2017 19:33 WIB

Lazismu Galakkan Kurban di Daerah 3T

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Fernan Rahadi
Lazismu
Foto: muhammadiyah.or.id
Lazismu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Amil Zakat, Infak, Sedekah Muhammadiyah (Lazismu) tahun ini menggalakkan berbagai program bagi masyarakat di wilayah 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).  Direktur Utama Andar Nubowo me­ngatakan, Lazismu memiliki empat bidang program untuk penyaluran zakat, infak dan sedekah. Empat bi­dang tersebut, di antaranya pendidi­kan, ekonomi, sosial, dan dakwah. "Ta­hun ini di bidang pendidikan kita memiliki program pendidikan 1.000 Sarjana," ujar Andar, Selasa (22/8).

 Program 1.000 Sarjana ini berupa beasiswa untuk anak-anak yang akan menempuh pendidikan perguruan tinggi  maupun mahasiswa yang akan menyelesaikan tugas akhir. Mereka yang dapat menerima beasiswa ini adalah  anak yang tergolong delapan asnaf, terutama fakir miskin. Beasiswa ini juga diberikan kepada sarjana yang berprestasi.

Selain program 1.000 Sarjana, Lazismu juga memiliki program beasis­wa untuk anak-anak nelayan. Lem­ba­ga sosial ini bekerja sama dengan Se­kolah Tinggi Ekonomi Ahmad Dahlan (STIEAD) memberikan beasiswa pen­didikan sarjana bagi 70 orang di da­erah pesisir. 

"Mereka yang secara ekonomi ti­dak mampu untuk membiayai pen­di­dikan sarjana, maka kami dan STIEAD akan membantu dengan program bea­siswa," jelas dia.