Rabu 30 Aug 2017 16:14 WIB

Jokowi Berkurban Sapi Simental untuk Sumbar

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Indira Rezkisari
Joko Widodo
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Presiden Joko Widodo kembali menitipkan hewan kurban di Masjid Raya Sumatra Barat. Kali ini, Jokowi memilih sapi jenis Simental asal Agam, Sumbar seberat 1 ton.

Ketua Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Sumbar, Ali Asmar, mengungkapkan bahwa sapi kurban jenis Simental tersebut didatangkan khusus dari peternakan di Kabupaten Agam. Rencananya, sapi dari orang nomor satu di Indonesia itu akan disembelih di halaman Masjid Raya Sumatra Barat usai pelaksanaan sholat Idul Adha pada Jumat (1/9).

"Tahun lalu, Jokowi juga berkurban Sapi jenis yang sama dengan berat 1,2 ton," kata Ali, Rabu (30/8). 

Ali menambahkan, daging sapi kurban dari Jokowi tersebut akan dibagikan per paket kepada masyarakat yang berhak, termasuk ke panti asuhan. Menurut jadwal, sapi dengan berat 1 ton tersebut akan tiba di Masjid Raya Sumatra Barat pada Kamis (31/8) esok. 

"Dagingnya akan kita serahkan kepada yang berhak menerima. Sehari sebelum pelaksanaan penyembelihan hewan kurban Idul Adha 1438 Hijriah, sapi tersebut akan tiba di Masjid Raya Sumbar," ujar Ali.

Sapi kurban oleh Presiden Jokowi tersebut akan dicarikan langsung oleh Dinas Peternakan dan Kesehatan Sumatra Barat sehingga kesehatan hewan kurban dan kelayakannya terjamin. Hingga kini, pemerintah provinsi Sumatra Barat melalui Panitia Peringatan Hari Besar Islam masih menghimpun data jumlah keseluruhan hewan kurban di Sumatra Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement