Sabtu 14 Oct 2017 20:31 WIB

Jokowi Sebut Relokasi Pengungsi Sinabung Rampung pada 2018

Rep: Issha Harruma/ Red: Endro Yuwanto
Seorang warga berdoa pada kunjungan Jokowi di pengungsian Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, sumatra Utara, Selasa (10/6).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Seorang warga berdoa pada kunjungan Jokowi di pengungsian Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, sumatra Utara, Selasa (10/6).

REPUBLIKA.CO.ID, KARO -- Presiden RI Joko Widodo menyebut relokasi pengungsi erupsi Gunung Sinabung di Karo, Sumatra Utara (Sumut), rampung pada 2018. Hal ini disampaikannya saat berkunjung ke rumah hunian tetap pengungsi Sinabung di Siosar, kecamatan Merek, Karo, Sabtu (14/10).

Di kawasan relokasi tahap pertama ini, terdapat 370 KK yang berasal dari desa Bekerah, Simacem dan Sukameriah. Menurut Jokowi, pemerintah terus mengebut pengerjaan untuk relokasi tahap dua dan tiga.

"Yang 1.873 KK kami harapkan selesai tersebar di 14 hamparan pada akhir tahun ini. Sisanya, kurang lebih 1.080 KK akan kami selesaikan tahun depan karena sudah ada penetapan dari Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan) mengenai lokasi yang akan digunakan sekitar 470 hektare. Saya harapkan setelah itu rampung," kata Jokowi.

Relokasi bagi pengungsi Sinabung dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama sudah selesai untuk 370 KK di Siosar. Sementara, tahap dua dan tiga masih terus dikerjakan. Ribuan pengungsi Sinabung pun masih bertahan di sejumlah posko pengungsian sembari menunggu relokasi ini.