Jumat 27 Oct 2017 03:07 WIB

Skytrain Terminal I Bandara Soekarno Hatta Mulai November

Red: Nur Aini
 Suasana Stasiun Skytrain bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten, Ahad (17/9).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Suasana Stasiun Skytrain bandara di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tanggerang, Banten, Ahad (17/9).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terminal 1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan terkoneksi dengan Kereta Layang atau Skytrain, mulai pertengahan November setelah saat ini kereta berbasis "automated guideway transit" itu sudah melayani perpindahan penumpang atau pengunjung bandara dari Terminal 3 ke 2 dan sebaliknya.

"Operasional kereta layang dari Terminal 3 ke 2 dan sebaliknya yang dimulai pada pertengahan September lalu hingga kini berjalan lancar. Melihat progres pembangunan halte maupun jalur, maka operasional kereta layang untuk trase Terminal 1-2-3 dapat dilakukan mulai bulan depan," kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, Kamis (26/10).

Dengan demikian, maka pada bulan depan seluruh terminal di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sudah terhubung dengan kereta layang yang merupakan fasilitas transportasi publik dengan teknologi terbaru dan satu-satunya di Indonesia saat ini.

Menurut Awaluddin, terhubungnya Terminal 1-2-3 dengan kereta layang tentunya membuat tingkat pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta tetap terjaga bahkan semakin baik ke depannya, terutama dalam hal transportasi publik untuk perpindahan antarterminal. "Hadirnya kereta layang di setiap terminal membuat Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejajar dengan bandara-bandara berkelas dunia," katanya.

Adapun total panjang lintasan dua jalur (dual track) kereta layang yang menghubungkan seluruh terminal ini mencapai 3.050 meter atau sekitar tiga kilometer. Kereta layang nantinya juga akan mendukung perpindahan penumpang dari bangunan terintegrasi yang terkoneksi dengan stasiun kereta bandara. "Dengan kata lain, ketika penumpang menggunakan kereta dari Jakarta menuju stasiun di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, maka penumpang tersebut kemudian dapat melanjutkan perjalanan ke Terminal 1, 2, atau 3 dengan menggunakan kereta layang," kata Awaluddin.

Kereta bandara sendiri dijadwalkan dapat mulai beroperasi pada November 2017 dengan operator adalah PT Railink yang merupakan anak usaha dari PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II (Persero). Adapun rute kereta bandara sendiri adalah Stasiun Manggarai - Sudirman Baru - Duri - Batu Ceper - Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kereta layang dan Kereta Bandara merupakan upaya kami dalam meningkatkan pelayanan dalam hal kemudahan aksesibilitas, baik itu dari dan menuju bandara maupun antarterminal di bandara. Kami berharap ini dapat menjadi contoh bagi bandara-bandara lainnya," ujarnya.

Operasional kereta yang langsung terintegrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ini merupakan implementasi yang kedua di Indonesia setelah sebelumnya kereta juga telah menjadi alternatif transportasi di Bandara Internasional Kualanamu, di mana seperti diketahui bandara ini juga dikelola oleh AP II.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement