Rabu 01 Nov 2017 23:59 WIB
Belajar Kitab

Jatuh Bangun Sistem Pemerintahan Islam

Rep: Nashih Nasrullah/ Red: Agung Sasongko
Kota Baghdad pada masa Abbasiyah berbentuk bundar.
Foto: bbc.co.uk
Kota Baghdad pada masa Abbasiyah berbentuk bundar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahmad bin Abdullah al-Qalqasyandi dalam karya monumental terakhirnya yang berjudul Maatsir al-Inafah Fi Maalim al-Khilafah memuat segala hal yang berkaitan tentang khilafah.

Mulai dari definisi, baik menurut kacamata bahasa maupun istilah syariat, objek khilafah, gelar dan julukan yang disandang khalifah, cara sah tegaknya khalifah, kewajiban khalifah terhadap rakyat, serta syarat-syarat kepemimpinan yang merupakan modal utama seorang khalifah.

Lebih jauh, al-Qalqasyandi menyebutkan, khalifah-khalifah sepeninggal Rasulullah sampai khalifah yang berkuasa semasa al-Qalqasyandi itu diklasifikasikan ke dalam empat kategori tingkatan.

Tingkatan pertama, yaitu para Khulafa Rasyidun. Jumlah mereka ada lima, yaitu Abu Bakar as-Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, dan Hasan bin Ali.

Tingkatan khalifah yang kedua adalah khalifah Dinasti Bani Umayyah yang berkuasa kurang lebih selama 90 tahun dengan pusat pemerintah berada di Syam.

Total keseluruhan Khalifah Bani Umayyah adalah 14 pemimpin, mulai dari khalifah pertama, yaitu Muawiyah bin Abi Sufyan sampai Marwan bin Muhammad bin al-Hakam.

Kemudian, tingkatan yang ketiga terdiri dari para Khalifah Bani Abbas yang berjumlah 37 khalifah. Khalifah yang pertama, yaitu Abu al-Abbas Abdullah bin Muhammad yang terkenal dengan julukkan as-Saffah (sang pembantai) dan khalifah Abbasiyah yang terakhir ialah al-Mu'tashim Billah.

Dinasti mereka akrab dikenal dengan Dinasti Abbasiyah dengan Irak sebagai pusat pemerintahan. Dinasti Abbasiyah mengklaim bahwa kekhalifahan mereka mendapatkan legitimasi kuat dari hadis Rasulullah.

Diriwayatkan, ketika itu al-Abbas bin Abd al-Muthallib memuji Rasulullah SAW. Lantas Nabi Muhammad SAW bersabda, "Maukah aku (Rasulullah) sampaikan kabar gembira kepadamu wahai paman? Kabar itu ialah risalah kenabian yang berakhir kepadaku dan khalifah yang akan berakhir di keturunanmu."

Titik inilah yang menjadi bias keberpihakan al-Qalqasyandi terhadap Dinasti Abbasiyah. Kecenderungan al-Qasyandi dalam mendukung Dinasti Abbasiyah terlihat saat memaparkan legitimasi atas legalitas pemerintahan Dinasti Abbasiyah. Padahal, tidak hanya Dinasti Abbasiyah, hampir tiap dinasti melakukan hal serupa guna memperkuat propaganda kepada rakyat.

Berikutnya, level terakhir atau keempat, yaitu para khalifah Dinasti Abbasiyah yang berada di Mesir. Total keseluruhan ada sebelas khalifah. Berawal dari khalifah pertama, yaitu al-Muntashir Billah dan berakhir pada al-Mu'tadlid Billah.

Al-Qalqasyandi memaparkan pula tentang lokasi pusat pemerintahan khilafah. Disertai dengan penjelasan tentang khalifah yang menempatkan kekuasaan mereka di wilayah tersebut. Ada empat wilayah yang pernah dijadikan sebagai pusat khilafah, yaitu Madinah, Syam, Irak, dan Mesir.

Tak kalah penting, al-Qalqasyandi mengemukakan, kelompok pemberontak yang mengklaim berhak atas khilafah, utamanya selama Dinasti Abbasiyah berkuasa di tanah Arab. Di antara kubu yang dianggap sebagai pemberontak adalah keturunan Umayyah yang berdomisili di Suriah, Bani Ubaid, dan Bani Khafash.

Karena, isinya menjelaskan secara terperinci sistem pemerintahan Islam dan para khalifah yang pernah memimpin negeri-negeri Muslim dari masa Khulafa Rasyidun hingga Dinasti Abbasiyah. Kitab Maatsir ini sangat layak dikaji oleh setiap Muslim, termasuk para calon pemimpin, sebagai bahan renungan dan refleksi sejarah.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Tahu gak? kalau ada program resmi yang bisa bantu modal usaha.

1 of 8
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَتَّخِذُوْا بِطَانَةً مِّنْ دُوْنِكُمْ لَا يَأْلُوْنَكُمْ خَبَالًاۗ وَدُّوْا مَا عَنِتُّمْۚ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاۤءُ مِنْ اَفْوَاهِهِمْۖ وَمَا تُخْفِيْ صُدُوْرُهُمْ اَكْبَرُ ۗ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ الْاٰيٰتِ اِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُوْنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menjadikan teman orang-orang yang di luar kalanganmu (seagama) sebagai teman kepercayaanmu, (karena) mereka tidak henti-hentinya menyusahkan kamu. Mereka mengharapkan kehancuranmu. Sungguh, telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang tersembunyi di hati mereka lebih jahat. Sungguh, telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu mengerti.

(QS. Ali 'Imran ayat 118)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement