Jumat 17 Nov 2017 04:09 WIB

Prabowo Soroti Terpuruknya Kondisi Bangsa di Banyak Bidang

Red: Teguh Firmansyah
Prabowo Subianto
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto berpidato dalam acara Wisuda Universitas Bung Karno ke-XV, Kamis (16/11).  Prabowo menyampaikan orasi dengan tema "Membangun Kesadaran Nasional: Nasionalisme, Demokrasi dan Masa Depan Indonesia".

Di hadapan lebih dari 1000 wisudawan dan wisudawati tersebut, Prabowo menyoroti terpuruknya kondisi bangsa di banyak bidang. "Hampir di setiap bidang kita ini sesungguhnya bangsa yang tidak kuat," katanya.

Ia mencontohkan di bidang olah raga, Indonesia harus memungut kekecewaan karena berada di peringkat kelima dalam pesta olah negara. Indonesia dengan populasi 250 juta jiwa, bahkan harus kalah dengan Singapura yang berpenduduk lima juta jiwa yang berada di peringkat ke-4, dibawah Malaysia, Thailand dan Vietnam.

"Hebatnya elite kita santai. Oh itu hanya olah raga. Buka buku saya, olah raga cermin kekuatan fisik anak-anak kita. Olah raga cermin kekuatan jiwa anak-anak kita. Zaman bung Karno kita masuk putaran final piala dunia," katanya.