Rabu 27 Dec 2017 11:19 WIB

Serahkan Beasiswa, Anies: Penerima Kelak Jadi Pemberi

Rep: Mas Alamil Huda/ Red: Nur Aini
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Isteri berjalan untuk menyalami peserta upacara peringatan hari ibu ke-89 di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Jumat (22/12).
Foto: Republika/Prayogi
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Isteri berjalan untuk menyalami peserta upacara peringatan hari ibu ke-89 di Lapangan IRTI Monas, Jakarta, Jumat (22/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan dana beasiswa kepada para mahasiswa di Balai Kota, Rabu (27/12). Acara tersebut juga dihadiri mantan gubernur DKI Sutiyoso alias Bang Yos yang juga menjabat sebagai Ketua Pembina Yayasan Beasiswa Jakarta.

Sutiyoso mengatakan, latar belakang diberikannya beasiswa kepada para mahasiswa yang dananya berasal dari warga Jakarta itu. "Jakarta tak memiliki resources, pemasukan kita sebagian besar hanya dari pajak, sehingga kita perlu tingkatkan SDM-nya melalui pendidikan. Dan saya berharap beasiswa ini akan membantu," kata dia.

Sementara itu, Anies juga berharap agar penerima beasiswa memiliki tanggung jawab moral, mengingat beasiswa tersebut berasal dari warga Jakarta. "Sebagai penerima beasiswa Anda punya tanggung jawab moral ekstra karena yang ikut mendukung adalah warga Jakarta, konsekuensinya maka Anda harus prestasi," ujar Anies.

Tanggung jawab moral yang dimaksud Anies adalah ada balas budi para mahasiswa yang telah dibantu agar di masa depan membantu Pemprov DKI Jakarta. Anies berharap, para penerima saat ini akan menjadi pemberi beasiswa di kemudian hari.

 

"Saya tentu berharap para penerima beasiswa saat ini di masa depan nanti akan menjadi penyumbang dan pemberi beasiswa kepada adik-adiknya sehingga ini akan membuat eskalator kesejahteraan umum bergerak," ujar dia.

Beasiswa ini diberikan kepada 1.891 mahasiswa baru D3 dan S1, 2.101 mahasiswa S2, dan 528 mahasiswa yang sedang mengerjakan penulisan skripsi. Beasiswa juga diberikan ke mahasiswa S2 dan S3 untuk penulisan tesis dan disertasi. Total anggaran dari APBD DKI untuk beasiswa ini sebesar Rp 18,8 miliar.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement