Jumat 23 Mar 2018 16:46 WIB

Tenaga yang Dibutuhkan untuk Membelah Lautan

Inilah yang menarik perhatian sejumlah peneliti.

Rep: Syahruddin el-Fikri/ Red: Agung Sasongko
Firaun
Firaun

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di manakah peristiwa ditenggelamkannya Firaun dan berapakah tenaga yang dibutuhkan untuk membelah lautan tersebut? Inilah yang menarik perhatian sejumlah peneliti untuk meneliti secara cermat peristiwa yang telah terjadi selama ribuan tahun tersebut.

Alquran sangat jelas memberikan gambaran mengenai peristiwa tersebut. ''Dan (ingatlah), ketika kami belah laut untukmu, lalu kami selamatkan kamu dan kami tenggelamkan (Firaun) dan pengikut-pengikutnya, sedang kamu sendiri menyaksikan.'' (QS 2: 50).

''Dan, kami memungkinkan Bani Israil melintasi laut, lalu mereka diikuti oleh Firaun dan balatentaranya karena hendak menganiaya dan menindas (mereka). Hingga, bila Firaun itu telah hampir tenggelam, berkatalah dia, ''Saya percaya bahwa tidak ada Tuhan, melainkan Tuhan yang dipercayai oleh Bani Israil dan saya termasuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).'' (QS 10: 90).

''Dan, sesungguhnya telah kami wahyukan kepada Musa, ''Pergilah kamu dengan hamba-hamba-Ku (Bani Israil) di malam hari. Maka, buatlah untuk mereka jalan yang kering di laut itu. Kamu tak usah khawatir akan tersusul dan tidak usah takut (akan tenggelam).'' (QS 20: 77).