Kamis 05 Apr 2018 08:44 WIB

Kebun Binatang Ini Bagikan Kotoran Hewan ke Pengunjung

Kotoran binatang telah diubah menjadi kompos.

Rep: Dwina Agustin/ Red: Nur Aini
Kebun binatang/ilustrasi
Foto: Wikimedia
Kebun binatang/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, DETROIT -- Kebun Binatang Detroit di RoyalOak, Michigan, memutuskan untuk membagikan kotoran penghuninya kepada pengunjung. Hal itu bukan lelucon, melainkan gerakan untuk memperingati Hari Bumi 22 April.

Tempat tersebut baru-baru ini mengumumkan jika akan membagikan kotoran hewan gratis pada 1.000 pengunjung pertama Green Fest yang akan diadakan 14 April. Kotoran itu telah diproses menjadi kompos herbivora untuk bisa digunakan sebagai pupuk tanaman.

"Sebanyak 1.000 tamu pertama yang mengunjungi pameran pendidikan akan menerima token senilai 5 ember, milik The Home Depot Foundation, untuk diisi dengan kotoran binatang dari Detroit secara gratis," kata rilis Kebun Binatang Detroit dikutip dari People, Kamis (5/4).

Kotoran hewan tersebut telah diolah sedemikian rupa sehingga diekstrak untuk menjadi pupuk yang bernutrisi. Setiap tahunnya kebun binatang itu menghasilkan 500 ton kotoran hewan, belum lagi sampah organik lainnya yang kaya akan gas metana.

Dengan menggunakan pupuk hasil kotoran hewan tersebut, Kebun Binatang Detroit yakin akan memberikan efek baik bagi hasil kebun pengunjung. Bagi pengunjung yang tertarik, acara tersebut akan dimulai sejak pukul 10.00 hingga 15.00.

Festival yang sudah berjalan empat tahun itu berfokus pada penataan layanan lingkungan masyarakat. Acara itu pun merupakan upaya Detroit Zoological Society untuk meningkatkan keberlanjutan dan fasilitas kebun binatang.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement