Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

15 Jumadil Awwal 1444
  • JELANG HUT BHAYANGKARA KE-76,< POLRI MENGADAKAN LOMBA MENEMBAK PATI TNI-POLRI BERSAMA INSAN PERS 10-11 JUNI 2022 DI BRIMOB KELAPA DUA

Inapgoc Terus Persiapkan Test Event Asian Para Games 2018

Senin 04 Jun 2018 07:57 WIB

Red: Hazliansyah

Seorang anak berfoto dengan maskot Asian Paragames Momo   dikawasan hari bebas berkendara / Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta (1/4).

Seorang anak berfoto dengan maskot Asian Paragames Momo dikawasan hari bebas berkendara / Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta (1/4).

Foto: Republika/Iman Firmansyah
Test event Asian Para Games 2018 akan digelar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panitia penyelenggara Asian Para Games 2018 Jakarta, Inapgoc, terus melakukan persiapan pelaksanaan uji coba kejuaraan khusus untuk atlet difabel. Rencananya test event Asian Para Games 2018 akan digelar di kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada 27 Juni hingga 3 Juli 2018.

Direktur Divisi Sport Inapgoc Fanny Irawan, seperti dilansir laman resmi kejuaraan tersebut, menjelaskan, uji coba sangat penting digelar. Di antaranya guna menguji kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan empat tahunan yang satu paket dengan Asian Games 2018.

Uji coba ini, kata dia, fokusnya adalah melihat secara langsung infrastruktur yang akan digunakan, sumber daya manusia, serta elemen pendukung lainnya. Sebab, Asian Para Games 2018 membutuhkan perlakukan khusus.

"Melalui uji coba ini kami akan mendorong para atlet secara normal bisa berlaga di Asian Para Games dengan memenuhi standar MQS (minimum qualification score) dan juga untuk mengecek kesiapan venue sekaligus dukungan dari seluruh divisi," kata Fanny, Senin (4/6).

Sesuai dengan rencana, uji coba Asian Para Games 2018 akan mempertandingkan lima dari 18 cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada Asian Para Games 2018 6-13 Oktober 2018.  Yaitu, atletik, bulu tangkis, renang, tenis meja, dan bola basket kursi roda.

Untuk cabang tenis meja, pada uji coba ini telah mendapatkan pengakuan dari federasi internasional. Bahkan, kejuaraan ini bakal diikuti oleh peserta dari 13 negara. Bola basket kursi roda diikuti tiga negara, yaitu Malaysia, Thailand, dan tuan rumah Indonesia.

"Untuk tiga cabang olahraga lainnya hanya diikuti oleh atlet dari perwakilan berbagai daerah di Indonesia," kata Fanny menambahkan.

Selain untuk menguji kesiapan tuan rumah, pertandingan uji coba ini juga akan digunakan untuk penentuan kategori klasifikasi oleh classifier bersertifikasi internasional. Sebab, hal ini akan dijadikan acuan penyelenggaraan Asian Para Games 2018.

Berikut jadwal pertandingan uji coba tiap cabang olahraga :

Atletik: 30 Juni-1 Juli, Stadion Madya Gelora Bung Karno

Bulu Tangkis: 27-28 Juni, Istora Gelora Bung Karno

Renang: 1-2 Juli, Stadion Akuatik Gelora Bung Karno

Tenis Meja: 1-3 Juli, GBK Arena

Wheelchair Basketball: 1-2 Juli, Hall Basket Gelora Bung Karno

sumber : Antara
Silakan akses epaper Republika di sini Epaper Republika ...
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

f
 

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
 
hide ads show ads
desktop mobile