Senin 30 Jul 2018 13:18 WIB

Pemprov Jabar Usulkan Pembangunan Tol Dalam Kota di Bandung

Tol dalam kota Bandung diusulkan dari Pasirkoja sampai Kiaracondong.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Dwi Murdaningsih
 Pj Gubernur Jabar H Mochamad Iriawan memberi arahan saat meninjau sejumlah mega proyek infrastruktur di Provinsi Jabar, belum lama ini.
Foto: Istimewa
Pj Gubernur Jabar H Mochamad Iriawan memberi arahan saat meninjau sejumlah mega proyek infrastruktur di Provinsi Jabar, belum lama ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemprov Jabar memiliki ide membangun jalan tol dalam Kota Bandung. Menurut Penjabat Gubernur Jabar, Mochamad Iriawan, ide membangun jalan tol dalam kota ini muncul dari dirinya.

Dia mengusulkan tol dalam kota dari Pasirkoja sampai Kiaracondong. Tol ini rencananya dibangun di atas jalan raya sehingga tidak membutuhkan pembebasan lahan.

Iriawan menjelaskan, usulannya ini berbeda dengan rencana pembanguan Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR) yang membutuhkan pembebasan lahan. Kalau direalisasikan, nantinya pembangunan jalan ini akan mirip dengan pembangunan tol dalam kota di Jakarta. Jadi, akan dibangun menggunakan tiang-tiang yang dipasang di median atau batas tengah jalan yang sudah ada.

"Mohon doanya, saya akan berikan kebaikan untuk Jabar walau hanya tiga bulan menjabat," ujar Iriawan saat ditemui di Pusdai Jabar, Senin (30/7).