Kamis 29 Jan 2015 14:00 WIB

Harapan Berdakwah Din Syamsuddin pada Program Pascasarjana UMSU

Rep: c 60/ Red: Indah Wulandari
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP (kiri depan) dan Ketua Umum MUI Din Syamsuddin
Foto: umsu
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Dr Agussani MAP (kiri depan) dan Ketua Umum MUI Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID,MEDAN–Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah Din Syamsudin menghadiri acara peresmian gedung Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara (UMSU). 

“Dengan membaca bismillahirrohmanirrohim, gedung pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara ini kami resmikan,” kata Din, Kamis (29/1).

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia ini berharap, gedung yang terdiri dari tujuh lantai ini nantinya menjadi embrio lahirnya pusat pendidikan tinggi Muhammadiyah. Saat ini, UMSU masih memiliki lima program studi, namun ia mendorong untuk menambah lima prodi lainnya pada tahun mendatang.

Selain itu, Din juga menyarankan agar rektor UMSU mendirikan program doktor UMSU. “Segera berpikir, adanya program doktor, yang nantinya dapat melahirkan doktor di bidang studi Islam,” kata Din.

Din mengatakan, pendirian pascasarjana ini merupakan bagian dari dakwah amar makruf nahi munkar  yang dibarengi dengan gerakan ilmu pengetahuan.

Pengetahuan, kata Din merupakan media untuk menghadirkan agama sebagai jawaban dari permasalahan dunia. “Kemajuan UMSU perlu dipertahankan dengan seksama. Perlu mengambil konsep inovasi,” ujarnya.

Selain itu, Din berharap UMSU melahirkan output yang berkualitas. Sehingga output UMSU mampu bersaing di dunia pekerjaan. Walau demikian, Din mengingatkan, tidak semua lulusan UMSU harus masuk ke lapangan pekerjaan.

“Alumni pendidikan tidak semua masuk lapangan kerja, namun juga harus menyisakan untuk masuk dunia pendidikan agar menjadi ilmuan. Karena harus ada bekerja di penemuan dan pengkajian,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement