Sabtu 08 Aug 2015 20:51 WIB

Mari Elka Pangestu Jadi Guru Besar UI

Red: Yudha Manggala P Putra
Mari Elka Pangestu (kiri) saat menjabat Menteri Perdagangan.
Foto: Irsan Mulyadi/Antara
Mari Elka Pangestu (kiri) saat menjabat Menteri Perdagangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu menjadi Guru Besar Ekonomi Internasional Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia. Status baru itu ikukuhkan oleh Rektor UI Muhammad Anis di kampus UI Depok, Jawa Barat, Sabtu (8/8).

Berdasarkan keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (8/8), Mari Elka menjadi guru besar FEB UI ke-57, sekaligus profesor perempuan ke-7 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Membawa topik ekonomi kreatif, Mari Elka menyampaikan bahwa industri tersebut menjadi kekuatan baru ekonomi di Indonesia dalam menghadapi globalisasi.

"Perpaduan antara model ekonomi, kreativitas yang bermodal SDM kreatif, kreativitas dari modal budaya dan kerarifan lokal, dan pengetahuan ?maupun teknologi yang ada, maka ekonomi kreatif bukan saja dapat ?meningkatkan pertumbuhan, tetapi pembangunan yang berkelanjutan juga akan tercapai," kata dia.

Mari menguraikan bahwa tantangan global yang dihadapi Indonesia adalah melambatnya pertumbuhan ekonomi global selama 3-5 tahun ke depan.

Mantan Menteri Perdagangan tersebut dikukuhkan sebagai guru besar oleh Rektor UI bersama dengan Prof.Dr.Amy Yayuk Sri Rahayu M.Si. sebagai Guru Besar Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Dengan bertambahnya dua profesor, Universitas Indonesia kini memiliku guru besar sebanyak 300 orang dalam berbagai bidang studi dan fakultas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement