Jumat 12 Apr 2019 13:38 WIB

Menristekdikti Resmikan Universitas Pertama Purbalingga

Menristekdikti mendorong Unperba untuk mengembangkan program studi kearifan lokal

Red: Esthi Maharani
Menristekdikti Mohamad Nasir berbicara saat menghadiri peresmian Artificial Intelegence (AI) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/19) .
Foto: Antara/Kahfie Kamaru
Menristekdikti Mohamad Nasir berbicara saat menghadiri peresmian Artificial Intelegence (AI) di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Kamis (28/3/19) .

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir bersama Ketua DPR RI Bambang Soesatyo meresmikan Universitas Perwira Purbalingga (Unperba), di Kabupaten Purbalingga, Kamis (11/04). Dalam sambutannya, Nasir mengatakan perguruan tinggi harus berperan meningkatkan Sumber Daya manusia.

Ia pun mendorong Unperba untuk mengembangkan program studi yang sesuai dengan kearifan lokal dan potensi daerahnya. "Salah satu potensi daerah Purbalingga adalah agroteknologi. Saya berharap Universitas Perwira Purbalingga berkontribusi tentang pengembangan riset di bidang agroteknologi itu. Jadi nilai tambahnya akan kita tingkatkan,tidak hanya diproduksi saja," ujar Nasir, dalam keterangan resmi yang diterima Republika, Jumat (12/4).

Nasir menjelaskan, riset dan inovasi di bidang agroteknologi tidak hanya sebatas pada bagaimana menghasilkan produksi yang lebih besar, namun sampai ke tahapan pengolahan hasil pertanian sehingga dapat meningkatkan nilai tambahnya. Dengan demikian, kesejahteraan petani juga akan semakin meningkat.

"Jangan kita memperlakukan hasil pertanian setelah panen selesai, hasilnya dijual, kita enggak dapat apa-apa. Harus kita turunkan menjadi industri, sehingga kalau bisa menjadi industri bisa menciptakan lapangan kerja di Kabupaten Purbalingga ini," kata Nasir menambahkan.