Jumat 24 May 2013 18:57 WIB

Seluruh Siswa Pamekasan Lulus Ujian Nasional

Red: Taufik Rachman
Sejumlah siswa SMA Negeri 26 Jakarta melakukan aksi corat-coret seragam mereka ketika merayakan kelulusan ujian nasional (UN), Jumat (24/5).
Foto: Republika/Prayogi
Sejumlah siswa SMA Negeri 26 Jakarta melakukan aksi corat-coret seragam mereka ketika merayakan kelulusan ujian nasional (UN), Jumat (24/5).

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN--Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pamekasan, Madura, Achmad Hidayat, mengungkapkan bahwa semua siswa peserta ujian nasional (UN) di daerah itu lulus.

"Tak satupun siswa SMA dan SMK di Pamekasan ini, baik negeri maupun swasta yang tidak lulus UN," katanya di Pamekasan, Jumat.

Menurut Achmad Hidayat, hal ini sesuai dengan hasil pengumuman yang disampaikan Disdik Jatim, Kamis (23/5) malam. Bahkan, Kabupaten Pamekasan tergolong paling bagus dibanding tiga kabupaten lain di Pulau Madura, kendati tidak masuk dalam urutan sepuluh besar di Jawa Timur.

Jumlah siswa yang mengikuti ujian nasional tahun ini sebanyak 5.107 orang. Mereka terdiri dari siswa sekolah menengah stas (SMA) sebanyak 3.069 orang, sedangkan jumlah siswa SMK 2.038 orang.

Menurut Kepala Bidang Pendidikan Menengah (Dikmen) Disdik Pamekasan Moh Tarsun, kelulusan siswa tingkat SMA dan yang sederajat kali ini merupakan prestasi yang membanggakan. Sebab, sebelumnya, kelulusan siswa di Pamekasan tidak sampai 100 persen.

"Tahun lalu hanya sekitar 99 persen. Tidak sampai 100 persen seperti sekarang ini," katanya.

Sementara lembaga pendidikan di Pamekasan yang tercatat memperoleh nilai paling tinggi, yakni SMA Negeri I?Pamekasan untuk lembaga pendidikan umum, dan SMK Negeri III Pamekasan untuk lembaga pendidikan kejuruan.

Ia menjelaskan, rata-rata nilai siswa dengan nilai tertinggi itu antara 33,90 hingga 34,90 untuk SMK. Sedangkan untuk SMA 46,40 hingga 66,50 untuk jurusan ilmu pengetahuan sosial (IPS).

"Untuk jurusan IPA nilai rata-ratanya antara 56,05 hingga 57,25," kata Tarsun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement