Jumat 02 Nov 2018 15:59 WIB

Din Syamsudin: Aksi Bela Tauhid Sah-Sah Saja

Aksi ini tidak perlu disikapi secara sinis.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Din Syamsuddin
Foto: Republika/Muhyiddin
Din Syamsuddin

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsudin turut berkomentar terkait Aksi Bela Tauhid 211 yang digelar di Jakarta, Jumat (2/11) ini. Menurutnya, aksi tersebut sah-sah saja dilakukan. 

Din menuturkan, aksi ini tidak perlu disikapi secara sinis. Sebab, tidak ada peraturan di Indonesia yang melarang masyarakatnya untuk berekspresi. Untuk itu, aksi apapun termasuk Aksi Bela Tauhid 211 ini tidak masalah untuk dilakukan. 

"Pada hemat saya semua ekspresi dari anak-anak bangsa atau kelompok manapun sah adanya. Konstitusi kita menjamin adanya freedom of expression," kata Din di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), DIY, Jumat (2/11). 

Walaupun negara menjamin adanya kebebasan berekspresi, lanjutnya, namun aksi ini diharapkan tidak keluar dari nilai-nilai dan etika yang berlaku. Yang terpenting, lanjutnnya, Aksi Bela Tauhid 211 ini tidak menimbulkan  kekerasan adan anarkisme. 

"Selama tadi itu catatannya, tidak terjebak dalam kekerasan dan anarkisme, apa lagi menebar permusuhan dan kebencian sesama anak bangsa" lanjutnya. 

Ia pun tidak ingin mengatakan bahwa aksi ini salah. "Saya tidak mau menjadi orang yang diktator seperti menyalahkan dan tidak membolehkan (dilakukannya aksi ini). Karena tidak ada yang bisa menyalahkan dan meniadakan selama itu sesuai dengan konstitusi kita, maka sah-sah saja," katanya.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا تُوْبُوْٓا اِلَى اللّٰهِ تَوْبَةً نَّصُوْحًاۗ عَسٰى رَبُّكُمْ اَنْ يُّكَفِّرَ عَنْكُمْ سَيِّاٰتِكُمْ وَيُدْخِلَكُمْ جَنّٰتٍ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهَا الْاَنْهٰرُۙ يَوْمَ لَا يُخْزِى اللّٰهُ النَّبِيَّ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مَعَهٗۚ نُوْرُهُمْ يَسْعٰى بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَبِاَيْمَانِهِمْ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَآ اَتْمِمْ لَنَا نُوْرَنَا وَاغْفِرْ لَنَاۚ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Wahai orang-orang yang beriman! Bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya, mudah-mudahan Tuhan kamu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu dan memasukkan kamu ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, pada hari ketika Allah tidak mengecewakan Nabi dan orang-orang yang beriman bersama dengannya; sedang cahaya mereka memancar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, sambil mereka berkata, “Ya Tuhan kami, sempurnakanlah untuk kami cahaya kami dan ampunilah kami; Sungguh, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

(QS. At-Tahrim ayat 8)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement