Rabu 07 Nov 2018 15:15 WIB

DPRD Setujui Pengunduran Diri Bupati Indramayu

Keputusan DPRD akan dikirimkan ke Kemendagri melalui gubernur Jabar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah
Foto: Agus Yulianto/Republika
Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah

REPUBLIKA.CO.ID,  INDRAMAYU -- DPRD Kabupaten Indramayu menyetujui pengunduran diri Bupati Indramayu, Anna Sophanah, dari jabatannya sebagai Bupati Indramayu periode 2016-2021. Persetujuan itu diputuskan dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Indramayu tentang Penyampaian Pengumuman Pengunduran Diri Bupati Indramayu Masa Jabatan Tahun 2016 -2021 dan Persetujuan DPRD, di gedung DPRD Indramayu, Rabu (7/11).

Sidang yang dipimpin Ketua DPRD Indramayu, Taufik Hidayat itu diawali dengan pembacaan pengumuman pengunduran diri Bupati Indramayu, Anna Sophanah, dari jabatannya sebagai bupati Indramayu periode 2016-2021. Pengumuman disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Indramayu, Ruslandi.

Alasan pengunduran diri Bupati Anna dari jabatannya itu karena ingin fokus mengurus keluarga dan mengurus orang tuanya yang sudah uzur dan sakit-sakitan. Anna khawatir, tidak bisa membagi waktunya untuk mengurus keluarga dan pemerintahan.

Semula, rapat tersebut mengagendakan kehadiran Bupati Anna untuk menyampaikan secara langsung pengunduran dirinya berikut alasannya. Namun ternyata, Anna tak hadir dalam rapat paripurna tersebut. Kehadirannya diwakili oleh Sekda Kabupaten Indramayu, Ahmad Bahtiar.

 

Saat Ruslandi selesai membacakan pengumuman tersebut, sejumlah anggota dewan langsung menyampaikan interupsinya. Meski dalam interupsi itu mereka menyayangkan pengunduran diri bupati, namun tidak ada satupun sikap politik dari anggota dewan yang menolak pengunduran diri bupati tersebut.

‘’Keputusan DPRD Indramayu, menyetujui pengunduran diri bupati Indramayu masa jabatan 2016-2021, ‘’ tegas Taufik.

Taufik mengungkapkan, keputusan DPRD itu selanjutnya akan langsung dikirimkan ke Kemendagri melalui gubernur Jabar. Keputusan akhir mengenai pengunduran diri bupati tersebut sepenuhnya ada di tangan Kemendagri.

Seperti diketahui, Bupati Indramayu, Anna Sophanah, mengajukan surat pengunduran diri dari jabatannya sebagai orang nomor satu di Kabupaten Indramayu. Surat itu diajukan ke DPRD Indramayu pada 30 Oktober 2018.

Anna Sophanah - Supendi sebelumnya ditetapkan oleh KPU Indramayu sebagai bupati dan wakil bupati Indramayu terpilih periode 2016-2021. Penetapan itu dilakukan melalui rapat pleno yang digelar di kantor KPU setempat, Sabtu, 23 Januari 2016.

Anna Sophanah-Supendi diusung oleh Gerindra, PKS, dan Demokrat. Pasangan itu juga didukung oleh Partai Golkar.

Anna Sophanah – Supendi merupakan pasangan incumbent. Pasangan itu sebelumnya telah menjabat sebagai bupati/wakil bupati Indramayu periode 2010 – 2015. Anna terpilih sebagai bupati periode pertama menggantikan suaminya, Irianto MS Syafiuddin (Yance), yang menjabat bupati Indramayu periode 2000 – 2005 dan 2005 – 2010. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement