Selasa 22 Jun 2010 07:21 WIB

Pesta Gol ke Gawang Korut, Portugal Selangkah ke 16 Besar

Red: Endro Yuwanto

REPUBLIKA.CO.ID, CAPE TOWN--Sudah dua tahun Cristiano Ronaldo tak menyumbang gol bagi timnas Portugal. Ini adalah situasi yang tak mengenakkan bagi pemain bintang seperti dirinya.

Ronaldo pun lantas memasang target mengakhiri paceklik gol saat laga melawan Korea Utara (Korut) di Stadion Green Point dalam laga lanjutan Grup G Piala Dunia 2010, Senin malam (21/6). Ronaldo tampil memikat dalam laga itu, namun ia harus menunggu hingga tiga menit terakhir untuk menyarangkan gol.

Ronaldo yang menyandang ban kapten membawa Portugal membuktikan diri sebagai tim yang layak diperhitungkan. Portugal unggul telak 7-0 atas Korut. Dan enam pemain berbeda berhasil menyarangkan bola. Portugal pun membuka peluang untuk lolos ke babak 16 Besar. Syaratnya, di laga terakhir Grup G kontra Brasil, mereka minimal harus memaksakan hasil imbang.

Jika kalah dari Brasil, Portugal masih bisa lolos, asalkan Pantai Gading kalah, imbang, atau gagal menang besar--minimal sepuluh--gol atas Korut di laga terakhir grup.

Portugal terlihat mengincar kemenangan agar tak perlu bekerja terlalu keras saat menjajal Brasil di laga terakhir grup. Arsitek Portugal,  Carlos Queiroz, memainkan Raul Meireles, Pedro Mendes, Tiago, Ronaldo, dan Simao Sabrosa di lini tengah. Mereka mendukung striker tunggal Hugo Almeida.

Meski sesekali Korut sempat membahayakan gawang melalui aksi striker Jong Tae-se, Portugal tak mengendurkan serangan. Hasilnya, di menit ke-29, tendangan Meireles berhasil menggetarkan jala gawang Korut setelah berhasil memanfaatkan umpan dari Tiago. 1-0 untuk Portugal.

 

Di babak kedua, penampilan Portugal kian memikat. Di menit ke-53, kombinasi umpan yang sangat brilian ditunjukan oleh Almeida dan Meireles yang kemudian memberikan peluang emas kepada Simao yang berlari sendiri untuk kemudian menjebol gawang Myong Guk.

Portugal kembali memperbesar skor kemenangan dengan gol yang dicetak oleh Almeida di menit ke-56 memanfaatkan umpan silang dari Coentrao. 3-0 untuk Portugal.

Di menit ke-60, Tiago memperbesar keunggulan Portugal menjadi 4-0 melalui tendangan hasil umpan dari Ronaldo. Tak berhenti sampai di situ, Portugal kembali menambah pundi-pundi gol melalui pemain pengganti Liedson di menit ke-80.

Gol yang dinanti-nantikan Ronaldo akhirnya hadir di menit ke-87. Usai mencetak gol, ia terlihat tersenyum riang. Gol Ronaldo bukanlah yang terakhir bagi Portugal karena di menit ke-89, Tiago kembali melesakkan bola melalui sundulan kepala. Portugal pun pesta kemenangan dengan skor telak 7-0.

 

 

Susunan pemain

Portugal:

1-Eduardo; 13-Miguel, 2-Bruno Alves, 6-Ricardo Carvalho, 23-Fabio Coentrao, 16-Raul Meireles, 8-Pedro Mendes, 19-Tiago, 7-Cristiano Ronaldo, 11-Simao Sabrosa, 18-Hugo Almeida.

Korea Utara:

1-Ri Myong-guk; 5-Ri Kwang-chon, 2-Cha

Jong-hyok, 13-Pak Chol-jin, 3-Ri Jun-il, 8-Ji Yun-nam, 11-Mun In-guk, 17-An Yong-hak, 4-Pak Nam-chol, 10-Hong Yong-jo, 9-Jong Tae-se.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement