Rabu 28 Nov 2018 17:08 WIB

KNKT Kirim AOA JT610 ke Florida

Sensor AOA tersebut memberikan indikator kecepatan.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Muhammad Hafil
Boeing 737 MAX yang dipesan Lion Air
Foto: Boeing
Boeing 737 MAX yang dipesan Lion Air

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan mengirim angle of attack (AOA) atau indikator penujuk sikap pesawat Lion Air PK-LQP terhadap arah aliran uara ke Florida. Sensor AOA tersebut memberikan indikator kecepatan berbeda pada pesawat bagian kiri dan kanan saat penerbangan JT 610 pada 29 Oktober dari Jakarta ke Pangkalpinang. 

Ketua Subkomite Investigasi KNKT Nurcahyo Utomo mengatakan AOA pada pesawat PK-LQP pada penerbangan JT 610 sudah diganti sehingga tidak sama seperti saat penerbangan sebelumnya dari Denpasar ke Jakarta. "AOA bukan baru, diganti dengan yang pernah diperbaiki di Florida. Makanya kami mau lihat bengkel perawatan di Florida," kata Nurcahyo di Gedung KNKT, Rabu (28/11).

Sementara itu, Investigator Kecelakaan Penerbangan KNKT Ony Suryo Wibowo menjelaskan jika sensor AOA bermasalah maka apa yang dilakukan pilot kemungkinan akan salah. Sebab jika AOA mensensor pada sudut yang ekstrem maka secara otomatis akan bergerak dan memberikan perubahan tanpa pilot melakukan sesuatu. 

Untuk itu, Ony memastikan AOA yang pernah rusak akan dibawa ke Florida karena pernah diperbaiki di negara tersebut. "Rusak kurang lebih tahun lalu dan sudah diperbaiki di Florida," tutur Ony.

Meskipun begitu, Ony menegaskan bukan berarti mengganti AOA gtersebut tidak bisa dilakukan. Menurutnya, satu komponen pesawat bisa dipakai bersama-sama namun bukan AOA yang sifatnya recycle

"Setiap perbaikan komponen pesawat itu ada prosedurnya dan harus ada sertifikasinya. Itu nggak mudah," jelas Ony. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement