Selasa 15 Jan 2019 07:36 WIB

Ini Prospek Karier Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI

Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI punya tiga prodi: Penyiaran, Periklanan, dan Kehumasan.

Propek Karir Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI.
Foto: Dok UBSI
Propek Karir Lulusan Fakultas Ilmu Komunikasi UBSI.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada era disrupsi saat ini,  ilmu komunikasi menjadi salah satu ilmu yang tidak sedikit peminatnya. Apalagi lulusan ilmu komunikasi memiliki prospek karir yang luas. Salah satu universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi sebagai fakultas tersendiri adalah Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI).

Menurut Rektor UBSI, Dr Mochamad Wahyudi MM, MKom, MPd, UBSI memiliki Fakultas Ilmu Komunikasi yang memiliki tiga program studi (prodi), yakni Penyiaran, Periklanan, dan Kehumasan.

“Ketiga prodi tersebut memiliki prospek karir yang luas bagi lulusannya. Tentunya didukung dengan kurikulum dan fasilitas yang diterima oleh mahasiswa ilmu komunikasi ketika berkuliah,” kata Wahyudi melalui rilis yang diterima Republika.co.id, Selasa (15/1).

Ketua Prodi Penyiaran UBSI, Anisti mengungkapkan, mahasiswa Prodi Penyiaran UBSI dipersiapkan untuk menjadi seseorang yang mampu menghasilkan program-program TV berkualitas atau pembuat film yang handal. Tentunya, hal tersebut  memerlukan proses pembekalan bagi mahasiswa yang tidak sebentar.  Caranya, antara lain UBSI mengundang  para praktisi di dunia perfilman dan sineas muda, baik dalam kegiatan seminar maupun workshop.

“Selain itu, dilaksanakan broadcasting award, sebagai penilaian dan pemberian penghargaan kepada mahasiswa prodi Penyiaran yang memiliki karya berupa film dokumenter yang terbaik. Dan juga di akhir semester, mahasiswa wajib untuk membuat film dokumenter sebagai salah satu syarat kelulusan dan memperoleh gelar sarjana,” papar Anisti.

Ketua Prodi Periklanan UBSI, I Ketut Martana menyampaikan, mahasiswa prodi Periklanan UBSI dipersiapkan untuk menjadi tenaga ahli yang mampu merancang strategi pemasaran serta mengelola alat-alat promosi (iklan). Nantinya mereka  akan bekerja di perusahaan advertising.  

“Tidak hanya itu, mahasiswa prodi periklanan yang memiliki keinginan berwirausaha juga dapat memulai karirnya menjadi agency digital marketing atau content creator yang saat ini prospeknya sangat baik. Mahasiswa yang kreatif, inovatif dan memiliki minat di desain grafis, cocok untuk memilih Prodi Periklanan UBSI,” kata I Ketut Martana.

Ketua Prodi Kehumasan UBSI, Ahmad Setiadi mengatakan,  mahasiswa yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, tepat untuk memiliki Prodi Kehumasan.

Menurutnya, mahasiswa Prodi Kehumasan UBSI akan banyak belajar tentang bagaimana menjadi penghubung antara perusahaan maupun organisasi dengan masyarakat. Nantinya, lulusan prodi Kehumasan UBSI memiliki propek karir sebagai PR consultant, event organizer, public relation officer, karir ini cukup penting pada suatu perusahaan.

“Melihat propek karir Prodi Kehumasan, selama berkuliah di UBSI mahasiswa diberikan pembekalan kemampuan berkomunikasi yang baik. Sehingga, diharapkan nantinya saat bekerja secara profesional, lulusan UBSI mampu menjadi perwakilan perusahaan,” kata Ahmad.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement