Senin 28 Jan 2019 09:00 WIB

Menentang Dihentikannya Pencarian Emiliano Sala

N'Golo Kante siap memberikan dukungan finansial agar pencarian dilanjutkan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Emiliano Sala
Foto: REPUBLIKA
Emiliano Sala

REPUBLIKA.CO.ID, CARDIFF -- Otoritas Kepolisian Pulau Guernsley, yang dibantu Inggris dan Prancis, memutuskan menghentikan operasi pencarian pesawat bermesin tunggal yang ditumpangi penyerang Cardiff City Emiliano Sala. Operasi SAR (search and rescue) itu telah dilakukan selama tiga hari penuh, dengan 80 jam penerbangan, yang melibatkan lima pesawat, tiga helikopter, dan dua kapal penyelamat.

Tidak hanya itu, tim SAR gabungan Inggris dan Prancis juga telah menyisir wilayah seluas sekitar 17 ribu mil persegi atau sekitar 4.000 kilometer persegi di sekitar Selat Inggris, tepatnya di lokasi terakhir pesawat PA-46 itu terdeteksi radar. Selain itu, tim SAR juga telah meminta bantuan semua kapal nelayan dan kapal yang melintas di Selat Inggris terkait kemungkinan penampakan pesawat PA-46 tersebut.

Pun dengan usaha untuk memeriksa semua sambungan seluler dan citraan satelit di sekitar Selat Inggris. Namun, hasilnya tetap nihil. Pesawat yang ditumpangi pemain asal Argentina itu tidak juga ditemukan sejak hilang satu pekan lalu.