Ahad 10 Feb 2019 14:15 WIB

Ridwan Kamil Berencana Bangun Taman Dilan

Taman Dilan rencananya akan dibangun di GOR Saparua

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Nidia Zuraya
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berbincang dengan pemeran Milea dalam film Dilan, Vanesha Prescilla (kanan) saat jumpa pers di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/2/2019).
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) berbincang dengan pemeran Milea dalam film Dilan, Vanesha Prescilla (kanan) saat jumpa pers di Rumah Dinas Gubernur Jabar, Bandung, Jawa Barat, Ahad (10/2/2019).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil berencana membangun taman bertema film Dilan, yang diangkat dari novel karya Pidi Baiq, di Kota Bandung. Seusai menerima kunjungan para pemain dan kru film Dilan 1991, Gubernur Emil mengatakan pembangunan taman tersebut ditujukan untuk mengabadikan kisah Dilan di Bandung.

"Lokasinya di Gor Saparua yang dekat lapangan basket, jaraknya 200 meter dari Cafe Panas Dalam dan SMA 20 Bandung," kata Gubernur yang biasa disapa Emil itu di Kota Bandung, Ahad (10/2).

Menurut Emil, taman ini dibuay karena untuk meningkatkan pariwisata, yang dibangun bisa tradisional atau kontemporer, ada event, ada objek arsitektur, seperti gedung ataupun monumen. Ini, akan menjadi daya tarik.

"Film Dilan ini syuting di Bandung menjadi luar biasa. Untuk objek pariwisata, kalau itu rilis pasti akan heboh. Banyak wisatawan yang datang. Berapa income yang kita bisa dapat," kata Emil seraya mengatakan ia akan mendukung berbagai kegiatan pariwisata yang memanfaatkan kontemporer serta menjadi kebanggaan warga Bandung.

Emil menegaskan, ia berharap setiap film yang syuting di Bandung bisa mengambil angle yang memperlihatkan Bandung. Karena, Bandung kaya dengan sejuk dan rindangnya. Bagi dirinya, film ini marketing strategy dari city branding.

"Makanya kenapa gubernur baik amat, karena saya tahu film disini akan mengangkat Bandungnya juga. Ada taman masuk, lampu jadul masuk, brandos dipakai juga. Saya ingin lihat apa yang ada di Bandung ada di film itu," katanya.

Emil menilai, kalau banyak film yang syuting di Kota Bandung maka kotanya akan ikut terangkat. Efeknya, 7 juta turis akan datang ke Kota Bandung.

"Kalau ada 7 juta turis, mereka menghabiskan uangnya di Kota Bandung sudah Rp 7 triliun per tahun. Jadi marketing tourism Bandung harus inovasi terus agar nggak bosan," katanya.

Pemain film "Dilan 1991", termasuk Vanesha Prescilla yang berperan sebagai Milea, merasa tersanjung saat mengetahui rencana pembangunan Taman Dilan di Kota Bandung. "Nanti adanya tanggal 24 Februari, kita bisa menikmati film bareng-bareng, itu suatu apresiasi buat masyarakatnya juga, kan Dilan itu Bandung ya, jadi kita bareng-bareng menikmatinya di Bandung," kata Vanesha.

Pemeran lainnya, Andovi da Lopez, menyebut rencana pembangunan Taman Dilan di Kota Bandung sebagai hal positif. "Ada taman yang berasal dari sebuah film, ini menarik banget," kata Andovi da Lopez, yang berperan sebagai Mas Herdi.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement