Selasa 26 Feb 2019 17:17 WIB

Gaji Abdi Dalem Keraton Solo Diberikan Nontunai

Gaji abdi dalem keraton Solo diberikan dengan transfer ke rekening Bank Jateng.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Nur Aini
Abdi dalem Kraton Solo di sekitar area Alun-Alun Utara Solo
Foto: antaranews
Abdi dalem Kraton Solo di sekitar area Alun-Alun Utara Solo

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Gaji para abdi dalem di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat diberikan secara nontunai. Para abdi dalem kini memiliki rekening pribadi di BPD Bank Jateng. Sebelumnya, gaji para abdi dalem diberikan secara tunai.

Pembagian buku rekening kepada para abdi dalem oleh petugas Bank Jateng dilakukan di Pagelaran Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo, Selasa (26/2). Sejak adanya konflik keraton dalam beberapa tahun terakhir, bantuan dana hibah dari Pemprov Jateng untuk sementara dihentikan. Kemudian pada akhir 2017, Pemprov Jateng mencairkan dana hibah untuk Keraton Solo sebesar Rp 1,176 miliar.

Baca Juga

Pembina Lembaga Dewan Adat (LDA) Keraton Solo, GKR Koes Moertiyah Wandansari atau Gusti Moeng, mengatakan waktu konflik Keraton, setelah Keraton menerima dana hibah 2011, baru akhir 2017 dana hibar cair kembali. Kemudian pada waktu pencairan hibah akhir 2017 tersebut, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan kepada media terkait saran penggajian abdi dalem dibukakan rekening masing-masing.

"Saya menyambut apa yang disampaikan Gubernur supaya juga tidak ada kesalahan administrasi yang fatal nanti, terutama saya sendiri pada waktu mulai 2004 bertanggung jawab bantuan itu biar tidak ada tuduhan macam-macam," ujarnya kepada wartawan di sela-sela penyerahan buku rekening kepada abdi dalem.