Kamis 28 Mar 2019 17:59 WIB

Taman Margasatwa Ragunan akan Direvitalisasi

Revitalisasi untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah lama tak diperbarui

Rep: Mimi Kartika/ Red: Esthi Maharani
Kepadatan pengunjung saat antre di loket Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/12).
Foto: Republika/MGROL116
Kepadatan pengunjung saat antre di loket Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Selasa (25/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan merevitalisasi Taman Margasatwa Ragunan (TMR) pada 2020 mendatang. Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati mengatakan, revitalisasi dilakukan untuk meningkatkan sarana dan prasarana yang sudah lama tidak diperbarui.

"Karena ragunan itu sudah puluhan tahun enggak pernah direvitalisasi. Artinya sekarang kita lakukan revitalisasi untuk menambah sarana prasarana di sana," ujar Suzi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (28/3).

Kendati revitalisasi akan dimulai tahun depan, pengelola Taman Margasatwa Ragunan di bawah Dinas Kehutanan DKI Jakarta menyelenggarakan sayembara desain kawasan. Sayembara terbuka untuk umum bagi masyarakat.

Mengenai anggaran, kata Suzi, akan diajukan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta pada 2020. Anggaran akan disesuaikan dengan hasil desain dari sayembara itu sendiri.

"Anggaran sudah diajukan, diusulkan, masuknya ke APBD 2020. Sayembaranya sekarang belum kelar. Jadi dilihat dulu desainnya. Kalau sudah langsung kita ajukan di 2020," kata Suzi.

Sementara untuk hadiah sayembara, Dinas Kehutanan akan menggelontorkan dana sebesar Rp 1 miliar. Rinciannya yakni pemenang pertama akan mendapatkan uang tunai Rp 500 juta, pemenang kedua Rp 300 juta, dan pemenang ketiga Rp 200 juta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement