Jumat 19 Apr 2019 01:00 WIB

Pemkot Solo Gelar Festival Hadrah Peringati Isra Mi'raj

Festival hadrah diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu-Ahad (20-21/4).

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih
Sentra Penjualan Alat Musik Religi. Penjual mencoba alat musik hadrah kepada pembeli pada toko alat musik religi di kawasan Condet, Jakarta, Ahad (29/10).
Foto: Republika/ Wihdan
Sentra Penjualan Alat Musik Religi. Penjual mencoba alat musik hadrah kepada pembeli pada toko alat musik religi di kawasan Condet, Jakarta, Ahad (29/10).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menggelar berbagai kegiatan bernuansa Islami untuk memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada April 2019. Salah satunya, Festival Hadrah yang mengambil tema "Cinta Sholawat Cinta Indonesia". Kegiatan tersebut diselenggarakan selama dua hari pada Sabtu-Ahad (20-21/4).

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo, Kinkin Sultanul Hakim, mengatakan, kegiatan-kegiatan dalam Festival Hadrah tersebut diselenggarakan sebagai media Syiar Islam dalam mempererat Ukhuwah Islamiyah.

"Selain itu, untuk memelihara tradisi dan kerukunan antar elemen masyarakat Kota Solo yang telah terbangun selama ini, sekaligus menggali potensi, kreativitas serta sebagai ajang pemberdayaan ekonomi warga," kata dia, kepada wartawan, Kamis (18/4).

Kinkin menjabarkan, Festival Hadrah akan disemarakkan dengan beragam acara menarik. Di antaranya, Kirab Hadrah dengan peserta 100 grup Hadrah dari Kota Solo dan sekitarnya, yang tampil dengan kendaraan hias masing-masing. Kemudian, Tabligh Akbar bersama narasumber budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun dan gamelan Kiai Kanjeng.

Selain itu, sajian kesenian akustik Islami, hadrah modern dan sholawat, beragam lomba bernuansa Islami, Festival Kuliner Halal di area parkir Balai Kota Solo, serta aksi kepedulian donor darah.

"Seluruh rangkaian kegiatan ini bersifat terbuka dan gratis untuk pengunjung," kata dia.

Festival Hadrah dibuka pada Sabtu (20/4) pukul 14.00 WIB oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kota Solo di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo. Kemudian dilanjutkan dengan Festival Kuliner Halal dan Sajian Seni Islami dari Grup Akustik El One. Kegiatan donor darah yang difasilitasi PMI Kota Solo dimulai pukul 15.00–21.00 WIB.

Sementara itu, Kirab Hadrah akan diberangkatkan dari Plaza Sriwedari dan Jalan Bhayangkara. Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo direncanakan memberangkatkan Kirab Hadrah pada pukul 15.30 WIB. Peserta Kirab akan menyusuri Jalan Slamet Riyadi dan berakhir di depan Balai Kota Solo. Nantinya, panitia akan melakukan penilaian kepada para peserta Kirab Hadrah. Hadiah akan diserahkan pada upacara penutupan pada Ahad (21/4) malam.

Selanjutnya, pada malam harinya, akan digelar Tabligh Akbar dengan Tausyiah dari Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun beserta Grup Gamelan Kiai Kanjeng di Pendhapi Gedhe Balai Kota Solo.

Pada hari berikutnya, kegiatan dibuka dengan Senam sehat bersama di halaman Balai Kota Solo, Ahad (21/4). Kemudian dilanjutkan dengan lomba-lomba Islami hingga sore hari. Selanjutnya acara penutupan akan digelar setelah shalat Isya di Pendhapi Gede Balai Kota. Grup Hadrah dan Sholawat Nawa Kartika Indonesia Muda direncakan mengawali upacara penutupan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement