Kamis 27 Jun 2019 23:08 WIB

Jokowi: Tak Ada Lagi Pendukung 01 atau 02

Jokowi berjanji akan menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Jokowi dan Ma'ruf di Situbondo. Calon Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) nomor urut 1 menyapa awak media saat datang di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).
Foto: Fakhri Hermansyah
Jokowi dan Ma'ruf di Situbondo. Calon Presiden Joko Widodo (kiri) bersama Calon Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) nomor urut 1 menyapa awak media saat datang di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk kembali bersatu setelah Mahkamah Konstitusi membacakan putusannya terkait sidang sengketa hasil pilpres 2019.

Ia menegaskan, setelah putusan tersebut dibacakan, maka tak ada lagi kelompok masyarakat pendukung 01 dan pendukung 02.

Baca Juga

"Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu kembali bersama-sama membangun Indonesia, bersama-sama memajukan negara Indonesia, Tanah Air kita tercinta. Tidak ada lagi 01 dan 02, yang ada hanyalah persatuan Indonesia," ujar Jokowi menanggapi putusan sidang MK di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/6).

Dalam putusan Mahkamah Konstitusi yang dibacakan malam ini, Mahkamah menyatakan menolak seluruh gugatan hasil pilpres yang diajukan oleh pasangan capres cawapres nomor urut 02. Jokowi pun menegaskan, keputusan MK tersebut bersifat final dan harus dijalankan serta dihormati oleh seluruh pihak.

"Walau pilihan politik berbeda, tetapi kita harus saling menghargai. Walau pilihan politik berbeda, kita harus saling menghormati," ujar Jokowi yang didampingi Ma'ruf Amin.

Ia juga menegaskan akan menjadi pemimpin bagi seluruh rakyat Indonesia meskipun pilihan politik berbeda-beda.  "Presiden dan wapres terpilih adalah presiden dan wapres bagi seluruh anak bangsa, bagi seluruh rakyat Indonesia," ujarnya.

Jokowi yakin, seluruh rakyat Indonesia memiliki semangat yang sama untuk membangun dan memajukan bangsa. Sehingga tercipta kesejahteraan bagi seluruh masyarakat.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
۞ وَاكْتُبْ لَنَا فِيْ هٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةً وَّفِى الْاٰخِرَةِ اِنَّا هُدْنَآ اِلَيْكَۗ قَالَ عَذَابِيْٓ اُصِيْبُ بِهٖ مَنْ اَشَاۤءُۚ وَرَحْمَتِيْ وَسِعَتْ كُلَّ شَيْءٍۗ فَسَاَكْتُبُهَا لِلَّذِيْنَ يَتَّقُوْنَ وَيُؤْتُوْنَ الزَّكٰوةَ وَالَّذِيْنَ هُمْ بِاٰيٰتِنَا يُؤْمِنُوْنَۚ
Dan tetapkanlah untuk kami kebaikan di dunia ini dan di akhirat. Sungguh, kami kembali (bertobat) kepada Engkau. (Allah) berfirman, “Siksa-Ku akan Aku timpakan kepada siapa yang Aku kehendaki dan rahmat-Ku meliputi segala sesuatu. Maka akan Aku tetapkan rahmat-Ku bagi orang-orang yang bertakwa, yang menunaikan zakat dan orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat Kami.”

(QS. Al-A'raf ayat 156)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement