Rabu 24 Jul 2019 08:31 WIB

DPD Dinilai Perlu Figur Berjaringan Luas

Figur yang memiliki jaringan luas akan memudahkan mengawal aspirasi daerah.

Red: Joko Sadewo
Laode Ida
Foto: Republika/Yasin Habibi
Laode Ida

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Mantan Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dua periode, La Ode Ida prihatin dengan keadaan DPD RI saat ini. Sekalipun menanggung amanah besar dari rakyat, kewenangan DPD masih sangat lemah.

"Secara fungsi masih lemah. Namun di satu sisi lembaga itu memanggul amanah yang berat sebab mendapat mandat besar dari rakyat melalui para senator yang mendulang jutaan suara dari daerah,” kata La Ode, dalam pesan tertulisnya, Rabu (24/7).

Sebagai orang yang membangun DPD sejak awal, La Ode mengaku memahami apa yang terjadi dan dibutuhkan lembaga tersebut. Menurut La Ode, DPD merupakan lembaga yang merepresentasikan daerah, karena itulah maka yang harus dimunculkan adalah marwah budaya daerah yang disimbolkan oleh kepemimpinan DPD.

Untuk itu, lanjutnya, ada tiga kriteria sosok pemimpin yang dibutuhkan untuk memperkuat DPD.  “DPD butuh figur yang mempengaruhi wibawa atau marwah kelembagaan. Maka saya memandang ada tiga kriteria pemimpin yang dibutuhkan DPD,” ungkap pria yang kini menjadi anggota Obusman itu.