Rabu 21 Aug 2019 16:32 WIB

Komnas HAM: Ada Persekusi dan Aksi Rasis ke Mahasiswa Papua

Komnas meminta polisi mengusut tuntas kasus persekusi ke mahasiswa Papua di Surabaya.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Teguh Firmansyah
Warga melakukan aksi dengan pengawalan prajurut TNI di Bundaran Timika Indah, Mimika, Papua, Rabu (21/8/2019). Aksi tersebut untuk menyikapi peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang.
Foto: Antara
Warga melakukan aksi dengan pengawalan prajurut TNI di Bundaran Timika Indah, Mimika, Papua, Rabu (21/8/2019). Aksi tersebut untuk menyikapi peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya, Malang dan Semarang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menganggap kericuhan di Papua dan Papua Barat sebagai implikasi dugaan tindakan berbau rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya. Komnas HAM mengakui adanya tindakan persekusi dan rasisme dalam insiden penggerudukan asrama mahasiswa Papua.

Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik meminta kepolisian mengusut tuntas kasus persekusi dan rasisme yang dialami mahasiswa Papua. Dengan begitu maka korban akan merasa mendapat perlakuan adil dari pemerintah. "Ya ada persekusi dan tindakan rasisme kepada mahasiswa Papua di Surabaya dan itu mesti diusut," katanya pada Republika.co.id, Rabu (21/8).

Baca Juga

Komnas HAM menyayangkan aparat keamanan baik Polri dan TNI yang membiarkan terjadinya insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua oleh Organisasi Masyarakat (Ormas). Padahal ia menegaskan bahwa Ormas tak termasuk lembaga penegak hukum.

"Tidak semestinya yang bukan penegak hukum (ormas) ikut terlibat dalam proses penegakan hukum. Itu sepenuhnya wewenang polisi, tapi disesalkan karena ada yang lain (ormas)," ujar Taufan.

Komnas HAM mengingatkan para pelaku umpatan bernada rasisme dapat diganjar oleh aturan hukum yang berlaku. Dengan begitu bisa  memberi efek jera dan tak terulangi di kemudian hari.

"Untuk rasisme bisa diselidiki dengan menggunakan UU Pencegahan Diskriminasi berdasarkan ras dan etnis," sebutnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ تَرَ اَنَّ اللّٰهَ يَسْجُدُ لَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُوْمُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَاۤبُّ وَكَثِيْرٌ مِّنَ النَّاسِۗ وَكَثِيْرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُۗ وَمَنْ يُّهِنِ اللّٰهُ فَمَا لَهٗ مِنْ مُّكْرِمٍۗ اِنَّ اللّٰهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاۤءُ ۩ۗ
Tidakkah engkau tahu bahwa siapa yang ada di langit dan siapa yang ada di bumi bersujud kepada Allah, juga matahari, bulan, bintang, gunung-gunung, pohon-pohon, hewan-hewan yang melata dan banyak di antara manusia? Tetapi banyak (manusia) yang pantas mendapatkan azab. Barangsiapa dihinakan Allah, tidak seorang pun yang akan memuliakannya. Sungguh, Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki.

(QS. Al-Hajj ayat 18)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement