Selasa 03 Sep 2019 20:00 WIB

Menkominfo: Pembatasan Internet di Papua Diturunkan Bertahap

Penurunan level pembatasan akan dimulai esok hari.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (22/8).
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara kepada wartawan di Masjid Istiqlal, Jakarta, Kamis (22/8).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyampaikan pemerintah akan menurunkan level pembatasan layanan data di Papua secara bertahap. Penurunan level pembatasan data internet tersebut akan dilakukan mulai esok hari. 

"Mudah-mudahan malam ini saya masih koordinasi. Kebijakannya sudah, semua operator tinggal diberitahu dalam waktu hitungan jam sudah bisa diaktifkan... Ya artinya saya berharap malam ini sudah ada daftarnya, kabupaten kota mana saja sehingga mulai secara bertahap aktif lagi," jelas dia di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Selasa (3/9). 

Baca Juga

Ia menjelaskan, pembukaan akses internet tersebut tidak bisa dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat. Namun, layanan data akan dibuka di kabupaten-kabupaten yang sudah kondusif. 

Kemenkominfo, kata Rudiantara, tengah menyiapkan penurunan level pembatasan data internet berdasarkan wilayah kabupaten dan kota. Lebih lanjut, Rudiantara mengatakan, pembukaan kembali akses internet juga akan dilakukan dengan berkoordinasi dengan pihak keamanan. 

"Jadi yang ada kerusuhan, yang kondusif ya diaktifkanlah, nah sekarang data kita kumpulkan mudah-mudahan malam ini diputuskan sehingga besok udah mulai," ujarnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement