Senin 23 Sep 2019 06:30 WIB

Warga Sebut Pesisir Pulau Tidung Berkurang 20 Meter

Abrasi menjadi masalah besar bagi warga Pulau Tidung.

Rep: Muhammad Riza/ Red: Muhammad Hafil
Abrasi. Ilustrasi
Foto: Dok
Abrasi. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pesisir Utara Pulau Tidung Besar, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu berkurang sekitar 20 meter. Oleh karenanya, masyarakat setempat berharap agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menangani masalah tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta Darjamuni mengatakan, pihaknya berupaya melestarikan lingkungan yang ada di pulau seribu. Salah satunya langkah yang telah dilakukan adalah melalui Festival Bahari 2019.

Baca Juga

"Dalam festival ini kami juga melalukan bersih sampah, penanaman mangrove, penanaman terumbu karang, dan juga melepas ikan," kata Darjamuni dalam sambutannya di penutupan acara Festival Bahari, Ahad (22/9).

Selain itu, Darjamuni juga menyatakan, Festival Bahari juga dimeriahkan dengan lomba festival fotografi bertema lingkungan. Ia menyatakan, hal itu ditujukan guna menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga ekosistem Kepulauan Seribu, sekaligus mempromosikan pariwisata Kepulauan Seribu.