Jumat 25 Oct 2019 16:20 WIB

Bocoran laporan KNKT: 9 Faktor Turut Berperan dalam Kecelakaan Lion Air 737 MAX

Masalah mekanis dan desain adalah dua di antara sembilan faktor yang turut berkontribusi terhadap jatuhnya jet Boeing 737 MAX yang dioperasikan oleh Lion Air pada Oktober 2018, demikian temuan oleh tim penyelidik.

Rep: deutsche welle/ Red: deutsche welle
picture-alliance/AP Photo
picture-alliance/AP Photo

Kantor berita Reuters memperoleh transkrip slide yang dipresentasikan oleh para pejabat Indonesia kepada kerabat korban kecelakaan pesawat Lion Air pada Oktober 2018 lalu dalam sebuah pengarahan pada Rabu (23/10). Laporan lengkap rencananya baru akan dirilis pada hari Jumat (25/10).

Berikut sembilan faktor yang menurut kesimpulan pejabat Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berkontribusi terhadap terjadinya kecelakaan:

1. Selama desain dan sertifikasi Boeing 737-8 (MAX), dibuat asumsi-asumsi terkait respons pilot terhadap kerusakan. Meski konsisten dengan pedoman industri saat ini, ternyata asumsi ini tidak benar.

2. Berdasarkan pada asumsi ini, perangkat lunak yang mengontrol hidung pesawat (MCAS) bergantung pada sensor tunggal dan dinyatakan tepat dan memenuhi semua persyaratan sertifikasi.