Senin 04 Nov 2019 16:55 WIB

Strategi Kementan Wujudkan Swasembada Daging

Kementan akan memperbanyak sapi indukan.

Red: Dwi Murdaningsih
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Foto: kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) dibawah komando Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menargetkan swasembada daging sapi secepatnya tercapai. Demikian arahan dari Menteri Pertanian kepada Jajaran Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) di Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (4/11).

Namun demikian, Mentan mengingatkan perlu dilakukan terobosan-terobosan  dan kerja lebih keras  guna secepatnya mencapai target swasembada tersebut. Kepala Biro Humas dan Informasi Publik, Kementan, Kuntoro Boga Andri menjelaskan mengingat saat ini populasi sapi dalam negeri masih kurang. Ada beberapa langkah nyata untuk mempercepat swasembada daging sapi.

Baca Juga

Pertama, Kementan terus berupaya menggenjot dan meningkatkan populasi sapi lokal dengan program inseminasi buatan massal. Ini untuk mengejar kekurangan sekitar 1,4 juta ekor populasi  sapi dalam rangka swasembada daging. Selain itu, jika masih kurang perlu pengadaan sapi indukan segera, sehingga dapat mendongkrak populasi sapi untuk bisa mencapai swasembada.

Memperbanyak sapi indukan banyak caranya. Bisa dengan pencegahan pemotongan betina produktif, maupun mendatangkan sapi indukan dari luar.