Kamis 12 Dec 2019 22:58 WIB

Masjid Taqwa Muhammadiyah Padang Manjakan Jamaah

Masjid Taqwa Muhammadiyah manjakan jamaah dengan layanan.

Red: Nashih Nashrullah
Logo Muhammadiyah.
Foto: Antara
Logo Muhammadiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG— Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumatra Barat yang terletak di dekat Pasar Raya Kota Padang menyediakan berbagai pelayanan di luar ritual ibadah untuk masyarakat yang berkunjung ke masjid tersebut.

Wakil Sekretaris Pengurus Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar, Irwantone, di Padang, Kamis (12/12), mengatakan saat ini Masjid Taqwa Muhammadiyah sebagai pusat aktivitas masyarakat di wilayah Sumatra Barat. "Seperti pendidikan, layanan kesehatan, perpustakaandan ekonomi umat," kata dia.

Baca Juga

Dia menyebutkan di lantai dasar masjid terdapat percetakan, toko buku, pangkas rambut, foto kopi, BMT, perpustakaan, klinik pengobatan, dan tempat bimbingan haji dan umrah. Masjid Taqwa Muhammadiyah juga memiliki perpustakaan yang sudah berdiri sejak 2012 dan bukunya diperoleh dari biaya kas masjid.

Penjaga Perpustakaan Masjid Taqwa  Muhammadiyah, Muchtar Nurdin, mengatakan buku yang terdapat di perpustakaan tersebut terdiri dari beberapa buku Islami seperti sejarah Nabi Muhammad, buku fikih, tafsir, dan beberapa buku lainnya dipinjamkan untuk masyarakat yang berkunjung ke masjid. "Biasanya buku tersebut lebih banyak dipinjam mahasiswa dari kampus-kampus Islami di Padang dan juga jamaah masjid," kata dia.

Dia mengatakan syarat peminjaman buku cukup menggunakan KTP asli dan pembiayaan Rp 1.000 per hari dengan batas peminjaman yakni 10 hari.

Dia juga mengatakan jumlah koleksi buku di perpustakaan tersebut sebanyak 1.500 buku, termasuk buku baru. Pihaknya juga menyediakan klinik gratis di samping aula Masjid Muhammadiyah untuk penyakit ringan, setiap Senin sampai Sabtu 10.00 WIB sampai 15.00 WIB. “Klinik gratis tersebut sudah berdiri sejak 2016,” katanya.

Dia menjelaskan beberapa toko yang terdapat di lantai dasar merupakan badan usaha yang dikelola pengurus masjid, selain itu segala aktivitas dan amal usaha dikelola  pengurus masjid.

Dia berharap dengan adanya pelayanan tersebut dapat meningkatkan kenyamanan bagi masyarakat yang hendak beribadah ke Masjid Taqwa Muhammadiyah Sumbar. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement