Senin 16 Dec 2019 05:13 WIB

Tiga Rumah Hangus Terbakar di Cipete Utara

Tiga rumah di Cipete Utara ludes terbakar akibat korsleting arus listrik, Ahad.

Ilustrasi kebakaran. Tiga rumah terbakar di Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad.
Foto: Foto : MgRol112
Ilustrasi kebakaran. Tiga rumah terbakar di Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Ahad.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak tiga rumah berukuran 3x7 meter di Jalan Kirai, RT 02 RW 08, Kelurahan Cipete Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, ludes terbakar, Ahad. Komandan Pleton Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan sektor Pasar Minggu, Ruwanto mengatakan, selain menghanguskan tiga unit rumah, api juga membakar sebuah sepeda motor yang terparkir di salah satu rumah.

"Sumber api dilaporkan dari colokan mesin cuci yang korslet memercikkan api hingga menyambar ke yang lain," kata Ruwanto.

Baca Juga

Ketiga rumah tersebut dihuni oleh keluarga Roise (41) berprofesi sebagai pedagang sayur, Sahbana (61) yang pensiunan PNS, dan Trio Andariyanto (22) yang pekerja swasta. Menurut keterangan saksi bernama Trio, api muncul saat ia sedang memperbaiki sepeda motor di depan rumahnya. Dia melihat ada percikan api yang keluar dari colokan listrik samping mesih cuci.

"Percikan api tersebut mengenai gas yang terletak tidak jauh dari percikan api tersebut dan seketika itu menimbulkan kobaran api hingga mengenai tumpukan koran yang berada di dekat mesin cuci," kata Ruwanto.

Api lantas menyambar sepeda motor yang terparkir di rumah Trio, hingga seluruh body motor terbakar. Melihat kejadian itu, Trio berupaya mengamankan sepeda motornya, tapi api semakin membesar menjalar ke dalam rumah.

"Saksi Trio mencoba mencari pertolongan sambil berusaha memadakan api dibantu pemilik rumah lainnya," kata Ruwanto.

Sebanyak 16 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke lokasi untuk memadamkan api, dibantu 96 petugas gabungan dari Damkar, Kelurahan Cipete Utara, Dishub, Satpol PP, PPSU dan Polsek Keramat Pela. Akibat kebakaran, total kerugian yang dialami ketiga penghuni rumah mencapai Rp600 juta rupiah.

"Petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi pukul 13.30 WIB. Api berhasil dipadamkan pada pukul 15.10 WIB," kata Ruwanto.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement