Senin 20 Jan 2020 19:03 WIB

TNBBS Kembangkan Pelestarian Badak Sumatera

Untuk kelestarian badak di TNBBS, akan dilakukan pemagaran kawasan sekitar 200 ha.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Andatu, badak sumatra badak berada di Suaka Rhino Sumatra (SRS)-Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Rabu (27/7)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Andatu, badak sumatra badak berada di Suaka Rhino Sumatra (SRS)-Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur, Rabu (27/7)

REPUBLIKA.CO.ID,  ANDAR LAMPUNG -- Setelah sukses melakukan upaya pelestarian Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatraensis) di hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Gubernur Lampung Arinal Djunaidi berharap pola serupa dapat dikembangkan di kawasan hutan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS). Menurut dia, pengelolaan pelestarian badak sumatera yang dilakukan Suaka Rhino Sumatera (SRS) di TNWK menjadi inspirasi untuk dikembangkan di hutan TNBBS wilayah Lampung. Tak hanya menjaga kepunahan satwa dilindungi tersebut, SRS dan mitra terkait mampu mengembangbiakkan badak sumatera di kawasan tersebut.

 

Baca Juga

"Kami sepakat akan mendirikan sejenis yang di TNWK, untuk dilakukan di TNBBS untuk kelestarian badak. Lampung ini kaya dengan potensi alamnya, untuk itu kita harus mensyukuri dan harus menjaga kelestariannya," ujar Arinal saat rapat pembangunan SRS di kawasan TNBBS di kantornya, Senin (20/1).