Sabtu 25 Jan 2020 13:00 WIB

Sejarah Hari Ini: Gempa Terkuat Menimpa Kolombia

Pada 25 Januari 1999, Kolombia diguncang gempa bumi terkuat dalam 16 tahun terakhir

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Pada 25 Januari 1999, Kolombia diguncang gempa bumi terkuat dalam 16 tahun terakhir. Ilustrasi
Foto: Los Angeles Daily News
Pada 25 Januari 1999, Kolombia diguncang gempa bumi terkuat dalam 16 tahun terakhir. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA -- Pada 25 Januari 1999, gempa bumi terkuat dalam 16 tahun terakhir menimpa Kolombia, Amerika Selatan. Akibatnya, 300 tercatat meninggal dunia dan 1.000 orang lainnya terluka.

Dilansir BBC History, korban tewas terkahir dari catatan pemerintah sekitar 1.000 orang dan 4.000 orang lainnya terluka. Sebanyak 200 ribu orang kehilangan tempat tinggal. Gempa bumi paling kuat itu bermagnitudo enam dan mengalami gempa susulan yang terasa jauh dari ibu kota Kolombia, Bogota.

Baca Juga

Gempa melanda kebanyakan di jantung daerah penghasil kopi negara sehingga menumbangkan blok-blok menara, hotel-hotel, dan gereja-gereja bersejarah. Puluhan orang kala itu dilaporkan terjebak di reruntuhan dan banyak yang terperangkap tanah longsor yang dipicu gempa bumi. Pemerintah mencatat ribuan orang kehilangan tempat tinggal.

Kota Armenia dan Pereira mengalami dampak paling buruk dari gempa. Armenia, sekitar 17 kilometer selatan dari pusat gempa, mengalami kehancuran yang parah. Telepon dan saluran listrik juga lumpuh. Pihak berwenang Kolombia telah memberlakukan jam malam untuk memungkinkan penyelamat bekerja tanpa hambatan.