Jumat 31 Jan 2020 17:56 WIB

China Pasok Kebutuhan Warga Wuhan dengan Waspada

Sebanyak 560 ton disinfektan diangkut dari China timur ke Wuhan

Rep: Dwina Agustin/ Red: Christiyaningsih
 Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.
Foto: Chinatopix via AP
Petugas medis mengenakan pakaian proteksi lengkap di kota Wuhan, China, yang terkena wabah virus Corona.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Sebanyak 560 ton disinfektan diangkut dari China timur ke Wuhan. Barang tersebut pun sealiran dengan pendistribusian kebutuhan pokok yang disalurkan melalui pos-pos pemeriksaan yang ketat.

Truk yang mengangkut barang-barang dari wilayah lain China dipindah muatan di luar kota China tengah. Muatan diangkut dengan truk-truk kecil dengan pengemudi yang memakai topeng dan pakaian pelindung. Beberapa truk diizinkan meninggalkan 17 kota yang terkunci untuk mengambil makanan.

Baca Juga

Foto-foto di media pemerintah Yangtze Daily menunjukkan truk itu berbaris di pos-pos pemeriksaan dan pengemudi mereka mengenakan masker. Polisi, yang diselimuti pakaian pelindung putih, memeriksa pengemudi untuk mengetahui gejala virus dan yang tidak sehat harus kembali.

Distribusi penuh kehati-hatian ini terjadi setelah pihak berwenang memblokir 50 juta orang di beberapa wilayah Hubei, seperti Wuhan. Meski tahapan penuh pemeriksaan, ini upaya agar warga tetap mendapat makanan dan kebutuhan lainnya.