Sabtu 15 Feb 2020 14:50 WIB

Menpora Imbau Media Gaungkan PON 2020

PON 2020 akan digelar di Papua dari 20 Oktober hingga 2 November 2020.

Red: Didi Purwadi
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengimbau semua pihak termasuk media menggaungkan PON XX. (ilustrasi)
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengimbau semua pihak termasuk media menggaungkan PON XX. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, meminta media menggaungkan PON XX di Papua. Perhelatan akbar nasional tersebut akan digelar dari 20 Oktober hingga 2 November 2020.

''Mohon dukungan rekan-rekan media untuk menggaungkan pelaksanaan PON XX di Papua," kata Menpora Zainudin Amali, seperti dikutip Antara, belum lama ini.

Menpora menghadiri kegiatan Chef de Mission (CdM) Meeting I KONI se-Indonesia di salah satu hotel ternama di Sentani, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Papua, Kamis (13/2) malam. Dalam kunjungannya tersebut, Zainudin menilai gaung perhelatan olahraga nasional itu masih kurang baik di Papua maupun luar Papua. Sehingga, pihaknya butuh bantuan dan dorongan publikasi kepada masyarakat luas.

Zainudin menilai PON XX merupakan event nasional, sehingga semua pihak wajib ikut turut menyukseskannya. Dan, Papua sudah pasti dan layak melaksanakan perhelatan akbar tersebut.

''Setelah saya berkunjung dan melihat sejumlah tempat pelaksanaannya, Papua layak melaksanakannya (PON XX),'' katanya. ''Bahkan, ada venue yang berskala internasional.''

photo
Warga melintas di depan baliho sosialisasi PON XX Tahun 2020 di Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Papua, Sabtu (31/8/2019).

PON di Papua akan digelar dengan 37 cabang olahraga. Perhelatan ini diperkirakan dihadiri 6.000 atlet dan ofisial dari berbagai daerah di Indonesia.

Zainudin dan rombongan meninjau sejumlah venue PON XX di Papua. Satu diantaranya Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura.

Menpora dan Ketum KONI Marciano Noorman beserta rombongan dari Jakarta melakukan kunjungan ke Papua untuk meninjau venue di Merauke, Mimika dan Jayapura. Tujuannya untuk meninjau persiapan Papua sebagai tuan rumah PON XX, baik venue dan kesiapan lainnya.

Dengan melihat secara langsung, Zainudin merasa bisa meyakinkan Papua siap sebagai tuan rumah PON. Pihaknya harus memastikan kesiapan dari penyelenggaraan baik tempat penginapan agar semua pada waktunya sudah bisa digunakan dengan baik. ''Apa yang kami dapat dari kunjungan kami baik di Mimika, Merauke dan Jayapura itu progress-nya berjalan sesuai dengan rencana," kata dia.

photo
Pekerja menyelesaikan pembangunan venue aquatic PON 2020 di Kampung Harapan Sentani, Jayapura, Papua, Senin (14/10). PT Waskita Karya (Persero) Tbk saat ini tengah mengerjakan pembangunan Arena Aquatic Papua untuk persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement