Kamis 20 Feb 2020 21:56 WIB

Masyarakat Kini Lebih Menyukai Transportasi Umum

Ojek online dan MRT telah menurunkan permintaan pasar kredit kendaraan bermotor

Red: Hiru Muhammad
Sejumlah kendaraan terparkir di tepi Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (20/2).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah kendaraan terparkir di tepi Jalan Gajah Mada, Jakarta, Kamis (20/2).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Bank Central Asia Tbk Jahja Setiaatmadja menyebutkan terjadi perubahan pola hidup masyarakat yang lebih memilih untuk menggunakan transportasi umum. Hal itu  menjadi faktor penurunan kredit kendaraan bermotor (KBB) pada 2019 yaitu 1,1 persen menjadi Rp 47,6 triliun.

Jahja mengatakan kota penyumbang terbesar  permintaan kredit kendaraan bermotor yaitu Surabaya, Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi saat ini telah didominasi transportasi publik mulai ojek online hingga Moda Raya Terpadu (MRT).“Adanya ojek online ini dan MRT lumayan menurunkan permintaan pasar khususnya di Jakarta,” katanya, Kamis (20/2).

Keberadaan MRT telah mampu mengakomodasi dalam berpergian serta ditambah dengan ojek online yang dapat menjangkau ke daerah dan menghubungkan ke stasiun membuat masyarakat merasa tidak perlu memiliki kendaraan pribadi.

Sekarang kemampuan anak muda dalam membeli kendaraan juga berbeda sehingga adanya transportasi online dapat mendukung pola hidup mereka yang ingin bergaya menaiki mobil saat beraktivitas.